Haedar Nashir Tak Berambisi Nakhodai Muhammadiyah

Ketua Panitia Muktamar Muhammadiyah Haedar Nashir
Sumber :
  • NTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA.co.id - Meski mendapat suara terbanyak sebagai calon ketua umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengaku tidak berambisi menakhodai organisasi Islam tertua di Indonesia tersebut.

Pilkada Serentak, Muhammadiyah Akan Netral

Haedar lebih memilih penentuan ketua umum melalui musyawarah mufakat, yang akan digelar Kamis malam, 6 Agustus 2015.

"Nanti kan disidangkan secara musyawarah. Jadi semua biasa saja, yang pasti kami tunggu saja hasilnya," kata Haedar saat menghadir sidang tertutup di Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar.

Muhammadiyah Dukung Busyro Muqoddas Jadi Pemimpin KPK

Menurut dia, sidang pemilihan berlangsung tertutup, dipimpin langsung Ketua Panitia Pemilihan Dahlan Rais. Sebelumnya, ketua panitia sudah mengirim surat resmi kepada 13 pimpinan terpilih.

"Kami serahkan pada mekanisme musyawarah yang biasanya berlangsung dengan cara santun dan cerdas, dan saya tidak terlalu mempersoalkan siapa akan terpilih menjadi ketua umum," kata Haedar.

NU-Muhammadiyah Sinergikan Islam Nusantara-Islam Berkemajuan

Dosen Universitas Gadjah Mada itu menambahkan apa yang diputuskan dalam musyawarah mufakat ini diharapkan dapat membawa Muhammadiyah ke arah yang lebih dinamis dan punya kekuatan.

"Poin pentingnya, menjalankan amanah dengan kepemimpinan kolektif dan kolegial," ujarnya.

Dari 13 anggota formatur yang terpilih sudah siap memimpin Muhammadiyah lima tahun ke depan. Sebanyak 13 pimpinan yang terpilih sudah menyatakan kesiapannya menjalankan roda organisasi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya