Siapkan THR PNS Pusat, Pemerintah Anggarkan Rp6 Triliun

Ilustrasi PNS.
Sumber :

VIVA.co.id - Direktur Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan, Askolani mengatakan, untuk pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) pada 2016, pemerintah telah menganggarkan dana Rp6 triliun yang akan diserap melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016.

Baca juga:

"Yang di pusat itu Rp6 triliun. Budgetnya hampir sama dengan gaji pokok," kata Askolani saat ditemui di gedung DPR, Jakarta, pada Rabu, 19 Agustus 2015.

Nasib Rasionalisasi 1 Juta PNS di Tangan Menpan RB Baru

Askolani menjelaskan, anggaran tersebut dikhususkan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, dan Polri. Sementara untuk daerah, anggaran ini nantinya akan diserap melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016.

Meski demikian, dia tidak menjelaskan berapa dana yang akan dikeluarkan pemerintah karena masih menghitung berapa banyak jumlah PNS di daerah.

"PNS daerah itu ya dari APBD daerah masing-masing. Semua tergantung dari jumlah PNS di daerah ada berapa," ujarnya.

Kabar Buruk, THR Bagi PNS Tahun Depan Masih Abu-abu

Pemerintah masih akan melakukan kajian apakah nantinya pemberian tunjangan ini akan diberlakukan lagi pada 2017. Caranya, dengan mengevalusasi dengan melihat tingkat efektifitas dari para penerima tunjangan ini.

"Bentuknya hanya evaluasi. Intinya kita lihat dulu pelaksanaan di 2016. Kalau baik, ke depannya juga bagus, mungkin bisa dilanjutkan tahun 2017."

Seperti diketahui, PNS mulai tahun depan akan mendapatkan THR sebanyak satu bulan gaji pokok yang diterima berdasarkan golongan. Namun, sebagai kompensasi, gaji pokok tiap PNS tidak akan mengalami kenaikan seperti beberapa tahun belakangan ini.

(mus)

Wagub Djarot: Gaji Tinggi Bukan Jaminan PNS Tidak Korupsi
Ilustrasi PNS.

Menpan RB Masih Pertimbangkan Wacana Moratorium PNS

"Nanti kami kaji dulu datanya, analisa kebutuhanya, kami analisa."

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016