Massa dan Anggota TNI di Papua Bentrok, Dua OrangTewas

Polisi dan prajurit TNI saat bertugas di Papua beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA.co.id - Seorang anggota TNI dikeroyok oleh sekelompok orang di Pertigaan Titi Teguh, Papua, pada Jumat dini hari, 28 Agustus 2015.

KSAD Luncurkan Buku Pengabdian Prajurit Kartika

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI E. Sodik membenarkan peristiwa tersebut. Sodik lantas menuturkan kronologisnya. Pada 28 Agustus 2015, sekitar pukul 01.15 WIT, Sertu Ashar anggota Kodim 1710/Mimika mendapat informasi dari anggota masyarakat bahwa temannya Serka Makher dikeroyok di Pertigaan Titi Teguh.

Mendengar informasi tersebut, sekitar pukul 01.17 WIT Sertu Ashar langsung menuju ke TKP dengan menggunakan motor dinas untuk menjemput Serka Makher yang sedang dikeroyok oleh sekelompok orang.

8 Dokter DVI untuk Percepat Proses Identifikasi Korban Heli

"Sesampainya di TKP, Sertu Ashar turun dari motornya untuk menjemput Serka Makher," kata Sodik dalam siaran persnya.

Saat Sertu Ashar kembali, motornya sudah dikepung oleh massa selanjutnya dikeroyok sampai mengalami luka-luka pendarahan di wajah serta berusaha merebut senjatanya. Karena terdesak, Sertu Ashar melepaskan tembakan ke udara sebanyak dua kali untuk membubarkan masyarakat. Namun, masyarakat tetap melakukan perlawanan.

Penyebab Heli TNI AD Jatuh di Poso Masih Simpang Siur

"Akibat dari kejadian tersebut, dua orang sipil dilaporkan meninggal dunia dan tiga orang luka-luka," ujar dia.

Guna mengatasi situasi tersebut, Kodam XVII/Cen telah melaksanakan koordinasi dengan keluarga, tokoh masyarakat, tokoh agama, kepolisian dan pihak terkait lainnya.

"Korban luka-luka sudah dirawat di RSUD Timika dan yang meninggal dunia, Kodam XVII/Cen akan memberikan santunan dan memfasilitasi untuk pemakamannya serta meminta maaf kepada pihak keluarga korban," ujarnya.

Sodik menambahkan, peristiwa ini merupakan kriminal murni yang dilakukan oleh anggota TNI, sehingga penanganannya oleh Subdenpom TNI (Pom Dam XVII/Cen). Kemudian, dalam proses selanjutnya, TNI dan Polri, akan bersinergi guna menjaga situasi tetap kondusif.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya