Dua Gajah yang Mati di Aceh Ternyata Diracun

Gajah mati di perkebunan sawit Aceh Timur
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Zulfikar
VIVA.co.id
Gajah Ngamuk, Puluhan Kendaraan Ringsek Diinjak-injak
- Bangkai Gajah Sumatera, yang ditemukan di lahan perkebunan sawit di Kabupaten Aceh Timur, Aceh, pada Jumat lalu diduga mati akibat zat racun.

Anak Gajah Sumatera Ditemukan Mati

Hewan mamalia terbesar tersebut, ditemukan membusuk di perkebunan sawit milik PT Bumi Flora.
Pemerintah Aceh Timur Dipusingkan Teror Gajah


"Tim BKSDA Aceh telah mendapat laporan (gajah mati) dan kita telah turun juga ke lokasi, melakukan identifikasi  untuk mengetahui penyebab dari kematian gajah tersebut. Diketahui jumlahnya sudah dua ekor yang mati," ujar Genman Hasibuan, Ketua Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Selasa 8 September 2015.


Menurut Genman, tidak ditemukan bekas luka akibat kekerasan pada tubuh bangkai gajah tersebut. Pihak BKSDA, telah melakukan otopsi dengan mengambil sampel beberapa organ.


"Dari hasil pengamatan tim dokter, gajah yang mati dalam tahap kedua ini diduga kuat akibat keracunan," kata dia.


Sementara itu, pihaknya terus berupaya melakukan tindakan preventif untuk mengurangi angka kematian salah satu hewan langka tersebut. Menurutnya, konflik gajah dan manusia tidak bisa diselasaikan satu pihak, butuh kerja sama yang cukup antarinstansi terkait dan warga.


Sebelumnya diberitakan, seekor gajah betina ditemukan tewas di lahan perkebunan sawit di Kabupaten Aceh Timur. Dilihat dari bangkainya, diperkirakan mamalia terbesar tersebut sudah mati sejak dua minggu silam. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya