Lengkapi Berkas Bupati Muba, KPK Periksa Tiga Saksi

Bupati Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Pahri Azhari.
Sumber :
  • www.mubakab.go.id

VIVA.co.id - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap tiga orang saksi untuk melengkapi berkas perkara Bupati Musi Banyuasin, Sumatera Selatan Pahri Azhari, Rabu, 9 September 2015.

Bupati Muba dan Istri Segera Diadili Hakim Tipikor

Mereka berasal dari pihak swasta antara lain Aceng, Yeni, dan Herman.

"Ketiganya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka PA (Pahri Azhari)," kata Pelaksana Harian Kabiro Humas KPK, Yuyuk Andriati, saat dikonfirmasi.

Bupati Musi Banyuasin (Muba) itu merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait persetujuan laporan keuangan pertanggungjawaban kepala daerah (LKPJ) Muba Tahun 2014 dan pengesahan APBD tahun 2015. Pada perkara ini, penyidik KPK sudah menetapkan 10 orang sebagai tersangka, termasuk Bupati Muba Pahri Azhari dan istrinya, Lucianty.

PKS Berang Cara KPK Geledah Kantor Anggota DPR

Kasus ini terungkap setelah KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) beberapa waktu lalu di Muba. Ketika itu, tim Satgas KPK meringkus empat orang yakni Ketua Fraksi PDI-P DPRD Muba Bambang Karyanto; anggota DPRD dari Partai Gerinda Adam Munandar; Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Muba Syamsudin Fei; dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Beppeda) Muba, Fasyar.

Dalam OTT tersebut, penyidik menemukan uang sebesar Rp2,56 miliar. Duit itu diduga pemberian dari Syamsudin Fei dan Fasyar kepada Bambang dan Adam. KPK mensinyalir, pemberian itu bukan yang pertama untuk memuluskan pembahasan APBD-P tahun anggaran 2015 Pemkab Muba.

Dalam pengembangannya, KPK juga telah menetapkan Bupati Muba, Pahri Azhari dan istrinya, Lucianty Pahri yang juga anggota DPRD Sumatera Selatan menjadi tersangka pada Jumat, 14 Agustus 2015. Selain itu, empat pimpinan DPRD Muba yakni Ketua DPRD Muba, Riamon Iskandar (RI); dan Wakil Ketua DPRD Muba Darwin A. H (DAH), Islan Hanura (IH); serta Aidil Fitri (AF) juga telah ditetapkan sebagai tersangka pada 21 Agustus 2015 lalu.

KPK Perpanjang Masa Tahanan Bupati Musi Banyuasin dan Istri

(mus)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK Geledah Kembali Rumah Pejabat MA Andri Sutrisna

Rumah di kawasan elite itu kini sepi.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2016