Kapolri Jamin Idul Adha di Tolikara Aman

kepala bin bahas insiden tolikara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menjamin bahwa perayaan salat Idul Adha di Tolikara, Papua, aman. Oleh karena itu, umat Islam bisa melaksanakan ibadahnya dengan khidmat.

"Kita jaga, kami jaminlah itu," ujar Badrodin, saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Kamis, 10 September 2015.

Bahkan, Kapolri sendiri juga telah menginstruksikan soal pengamanan rumah ibadah di wilayah Tolikara kepada Kapolda di sana. Dia yakin insiden serupa sebelumnya saat Idul Fitri tidak akan terulang lagi.

"Kita sudah sampaikan ke Kapoldanya," ujarnya.

Gereje Injili Indonesia (GIDI) mengajukan syarat agar masyarakat di Tolikara tidak berbuat anarki saat pelaksanaan Hari Raya Idul Adha. Mereka meminta agar Polda Papua membebaskan dua pelaku kerusuhan di Tolikara bila ingin pelaksanaan salat Idul Adha berjalan aman.

Ini Dua Kasus Intoleransi Paling Parah di Indonesia

Kemudian, mereka juga meminta masalah ini di selesaikan secara adat bukan berdasar hukum yang berlaku.  Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan sudah menyikapi kabar tersebut. Upaya pertemuan seluruh pihak terkait sudah digelar. Salah satunya adalah membahas permohonan GIDI untuk membebaskan dua anggota mereka.

Namun, hingga kini permohonan itu mendapat penolakan dari pemerintah. Sebab, keduanya harus diproses hukum bukan melalui jalur adat.

Ribuan Umat Muslim Ikuti Maulid Nabi di Istiqlal

Pemerintah Diminta Tak Diskriminasi Umat Islam

Umat Islam cenderung diperlakukan tidak adil oleh Pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2015