Susun Sinergi, Kabareskrim Sambangi KPK

Komjen Pol Anang Iskandar Menjadi Kabareskrim
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Kepala Bareskrim Polri, Komjen Anang Iskandar menyatakan silaturahminya ke KPK sebagai pertanda baik bagi dua lembaga tersebut.

"Dalam rangka membangun sinergitas antar lembaga di mana penegakkan hukum korupsi itu bisa lebih bagus," ujar Anang di Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 11 September 2015.

Anang mengaku kedatangannya disambut baik seluruh petinggi lembaga antirasuah itu. Kehadirannya, kata Anang, sebagai tanda kemesraan di antara kedua lembaga penegak hukum tersebut.

"Saya hadir di sini merupakan perlambang kerja sama lebih bagus," katanya menambahkan.

Pelaksana Tugas Pimpinan KPK, Johan Budi yang terlihat mendampingi Anang mengatakan, kehadiran jenderal bintang tiga itu langsung diterima seluruh pimpinan KPK. Sekata dengan Anang, Johan menyebut tamunya sekadar bersilaturahmi sebagai sesama penegak hukum.

"Tadi baru silaturahmi saja. Tentu tadi disinggung pula dalam pembicaraan mengenai program-program pencegahan kita dulu misalnya soal minerba 2014, kerja sama Polri dengan KPK yang kemudian bisa menyelamatkan kerugian negara dan ini disambut baik oleh Pak Anang maupun pimpinan KPK," ujar Johan.

Komjen Pol Anang Iskandar resmi menjabat sebagai Kabareskrim sejak Senin, 7 September 2015. Anang bertukar posisi dengan Kabareskrim sebelumnya, Komjen Pol Budi Waseso yang kini menjabat Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Rotasi itu dilakukan lantaran kinerja Budi Waseso dianggap berpotensi mempengaruhi kondisi perekonomian dalam negeri. Langkahnya bahkan dianggap sering mengabaikan perintah Presiden Jokowi yang meminta agar penegakkan hukum tak membuat gaduh demi menjaga rupiah agar tak bertambah lunglai.

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024