250 Kg Batu Garut Diproses untuk Suvenir PON XIX

Batu Akik Panca Warna Garut yang akan menjadi Suvenir KAA
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id - Setelah digunakan sebagai suvenir saat peringatan Konferensi Asia Afrika, kini batu akik dari Garut, kembali dipakai untuk suvenir di Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX yang akan berlangsung di Jawa Barat pada 2016.

Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar

Para perajin batu akik di bawah binaan Koperasi Lasminingrat Gemstune Garut Jawa Barat, mulai menyiapkan bahan batu akik dengan total hingga 250 kilogram. Batu sudah dalam proses pembelahan.

Ketua Koprasi Lasminingrat Gamestune, Yudi Nugraha, menyatakan bahwa batu yang dipilih untuk suvenir PON adalah batu jenis Ciangel dari Kecamatan Bungbulang Garut.
Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

"Kami sudah menyiapkan 2,5 kwintal batu jenis Ciangel dan sudah tiba untuk proses pembelahan," ujar Yudi, Kamis 15 Oktober 2015.
Juara Umum PON 2016 Bakal Dapat Trofi Khusus?

Bongkahan batu Garut pancawarna.

Batu Akik jenis Ciangel dipilih, karena corak warna yang menarik dengan ciri khas tembaga dan masuk dalam jenis pancawarna, sehingga dinilai cocok untuk suvenir.

"Masuk jenis pancawarna, jadi bukan hanya batu Edong yang memiliki nilai tinggi untuk jenis pancawarna, tetapi batu Ciangel juga tak kalah bagusnya," ujar Yudi.

Sementara itu, Abdul Kodar, sesepuh penambang batu akik di Garut, menambahkan,  suvenir yang disepakati oleh penambang bagi peraih medali pada PON ke XIX berbentuk liontin dengan jumlah yang telah dihitung mencapai 2.300 keping.

"Sekitar 2.300 keping kami sepakati berbentuk liontin. Kalau cincin, kami kesulitan menghitung ukuran lingkar jari. Kalau liontin kan, tinggal memberi tali saja setelah diikat," katanya.

Lanjut Kodar, untuk ukuran liontin, saat ini masih dalam tahap pemilihan ukuran, serta bentuk liontin. Apakah berbentuk oval, atau justru bulat simetris.

"Ukurannya masih dihitung, kita lihat dulu mana yang paling pas," katanya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya