70 Persen Korban Kabut Asap Anak-anak

Anak korban bencana kabut asap yang di rawat di Rumah Sakit
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dedi Herianto/Sumatera Utara
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- Sebanyak 3.600 jiwa warga Padang Sidempuan Sumatera Utara tercatat terpapar penyakit Infeksi Saluran pernafasan Atas (ISPA) akibat bencana kabut asap.

BNPB Deteksi Peningkatan 151 Hotspot Kebakaran Hutan

Dari jumlah itu diketahui 70 persen korbannya adalah anak-anak. “Hingga hari ini (23/10), jumlah penderita penderita ISPA di Kota Padangsidimpuan mencapai 3,600 orang. 70 Persen diantaranya adalah anak-anak," kata Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Muhammad Isnandar Nasution, Jumat 23 Oktober 2015.
Kebakaran Hutan Mulai Landa Riau dan Sumatera Utara


Dia menjelaskan, daya tahan tubuh anak terutama yang masih balita rentan terkena penyakit, sehingga mudah untuk terjangkit berbagai penyakit akibat kabut asap.


Muhammad mengaku sejauh ini pihaknya bersama Dinkes Kota Padangsidempuan sudah melakukan berbagai pencegahan termasuk membagi-bagikan masker kepada masyarakat dan mendirikan Posko layanan kesehatan di delapan titik.


Karena itu Isnan menghimbau kepada seluruh warga Kota Padangsidimpuan agar mengurangi aktivitas di luar Rumah. Sebab, kondisi kabut asap berdasarkan alat Pendeteksi udara BMKG meningkat dari status waspada kini menjadi berbahaya.


”Kalau bisa kurangi aktivitas di luar Rumah untuk menghindari kabut asap,” katanya.


Dedy Herianto/Sumatera Utara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya