300 Lowongan CPNS Bagi Disabilitas Menanti

Menteri Khofifah dan Buwas diskusi soal pemberantasan narkoba
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, salah satu tugas dan fungsi Kementerian Sosial antara lain pemberdayaan warga yang kurang mampu, termasuk bagi para penyandang disabilitas.

Beda Disabilitas Anak dengan Keterhambatan Psikologi

Tujuannya, selain mendapat kesetaraan juga agar bisa mandiri dengan keahliannya.

"Para penyandang disabilitas terus diperhatikan dengan serius oleh pemerintah, baik menyangkut hak-hak normatif, juga dalam mendapatkan penghidupan yang layak," kata Khofifah usai menghadiri ‎'Diskusi Kupas Tuntas Peristiwa 10 November 1945' di Kantor LKBN Antara Biro Jatim, di Surabaya, Senin malam, 9 November 2015.

Dia mencontohkan, pemerintah menyediakan kuota 300 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi para penyandang disabilitas. Namun, setelah dilakukan serangkaian seleksi yang lolos hanya 11 persen atau baru 33 orang.

"Artinya, masih jauh dari yang diharapkan," kata dia.

Terkait itu, Kemensos telah mengirim surat kepada Kementerian PAN dan RB agar dibuka kembali kuota bagi para penyandang disabilitas. Namun, sebelumnya akan mengundang pegiat dan organisasi penyandang disabilitas untuk evaluasi.   

"Dalam pertemuan tersebut, saya minta agar organisasi dan pegiat penyandang disabilitas menyiapkan SDM yang lebih siap dan nanti Kemensos akan meneruskan kepada Kemen PAN dan RB supaya dibuka kembali kuota CPNS," kata dia.‎

Selain itu, dia mengatakan, program pengentasan dan penanggulangan kemiskinan di Indonesia memerlukan keseriusan dalam banyak hal, seperti melakukan pendampingan, metode, serta pendekatan.

Keseriusan diperlukan, agar terjadi peningkatan dan penguatan secara ekonomi, berdaya guna, tepat sasaran, dan tepat target.

Kesejahteraan Disabilitas

Penyandang Disabilitas di Kulonprogo Dapat Pengobatan Gratis

Diberikan kursi roda hingga alat bantu pendengaran

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016