Luhut: Dana Otsus Papua Banyak yang Tak Tepat Sasaran

Menko Polhukam Luhut Panjaitan
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan pertemuannya dengan Wakil Gubernur Papua Barat, Irene Manibuy terkait dana otonomi khusus (otsus).

"Dia melaporkan dana otsus. Mereka merasa dana pengalokasian keliru. Jadi dana tercampur semua," ujar Luhut usai pertemuan dengan Irene Manibuy di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat, 4 Desember 2015.

Ia menjelaskan, dana otsus tersebut kini telah dipisahkan sebesar Rp1,7 triliun. Ia pun menyarankan agar gubernur Papua Barat menggunakan dana otsus tersebut untuk fokus pada pendidikan dan rumah sakit.

Selundupkan Kayu, 8 Warga Papua Nugini Dicokok TNI AL

"Dana yang lain sudah ada programnya. Buat skala prioritas untuk membuat sekolah unggulan supaya mereka bisa melahirkan putra-putri terbaik dari Papua Barat," kata Luhut.

Ia menyarankan agar program otsus untuk pendidikan tersebut dikerjasamakan dengan universitas seperti ITB, Universitas Indonesia, atau Universitas Gadjah Mada. Sehingga universitas-universitas tersebut bisa bertanggungjawab untuk menyediakan guru pada 10 tahun pertama.

(mus)

Pendidikan di Kawasan Indonesia Timur Masih Timpang
Salah satu tribun di Mimika Sports Complex

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Pembangunan Mimika Sports Complex dibantu oleh PT Freeport Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016