Pendiri Partai Golkar Profesor Suhardiman Tutup Usia

Pendiri SOKSI Suhardiman
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro
VIVA.co.id
Jenazah Suhardiman Dilepas dengan Upacara Militer
- Kabar duka datang dari keluarga besar Partai Golkar. Salah satu pendirinya, Prof.Dr. Suhardiman, SE meninggal dunia, Minggu malam, 13 Desember 2015.

Melayat Suhardiman, Jokowi Ikut Salat Jenazah

"Innalillahi wainnailaihi rojiun, telah meninggal dunia pada Minggu, 13/12/15 Bapak Mayjen (Pur) Prof Dr Suhardiman, SE (pendiri SOKSI)," tulis pesan singkat yang diterima VIVA.co.id.
Ini Wasiat Mendiang Pendiri Golkar kepada Aburizal


Saat ini, jenazah disemayamkan di rumah duka, Jl Kramat Batu No.1, Cipete, Jakarta Selatan.


Prof. Dr. Suhardiman, S.E. lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 16 Desember 1924.Dia adalah tokoh politik yang telah melewati 5 masa kepemimpinan Indonesia: zaman Hindia Belanda, zaman Jepang, presiden Sukarno, presiden Soeharto, dan masa reformasi. Suhardiman kerap disebut sebagai dukun politik karena intuisinya sangat kuat dalam memprediksi peristiwa politik terutama dalam konteks suksesi kepemimpinan.


Semasa hidup, dia turut mewarnai perjalanan politik Indonesia bersama dengan SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia), yang awalnya dia dirikan untuk membendung penyebaran faham komunisme oleh PKI. Dalam perjalanannya, SOKSI menjadi salah satu ormas yang melahirkan Partai Golkar dan menjadi tempat pengkaderan para pemimpin bangsa. Komentar dan pendapat Prof. Dr. Suhardiman kerap diminta sejumlah media terutama mengenai suksesi kepemimpinan di negeri ini karena intuisi politiknya sangat kuat dalam memprediksi calon-calon pemimpin masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya