Presiden Jokowi Akan Melayat Suhardiman di Rumah Duka

Pendiri SOKSI Suhardiman
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo akan melayat mendiang pendiri Partai Golkar Suhardiman. Saat ini, jenazah disemayamkan di rumah duka, Jalan Kramat Batu Nomor 1, Cipete, Jakarta Selatan.

"Setelah acara ini, Beliau merencanakan melayat, dan tentunya apakah akan sampai ke pemakaman, yang jelas beliau akan melayat," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di Istana Negara, Jakarta, Senin 14 Desember 2015.

Walau jadwal yang padat, Presiden Jokowi tetap akan melayat salah satu tokoh senior Golkar tersebut.

Melayat Suhardiman, Jokowi Ikut Salat Jenazah

"Jadwal pada hari ini Presiden cukup padat, nanti jam 13.00 WIB dengan beberapa eksekutif. Kemudian jam 15.00 WIB ada rakor, dan tentunya dengan keterbatasan waktu, kalau sampai ke pemakaman mungkin enggak, tapi beliau akan melayat," kata Pramono.

Suhardiman lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 16 Desember 1924. Dia adalah tokoh politik yang telah melewati lima masa kepemimpinan Indonesia: zaman Hindia Belanda, zaman Jepang, Presiden Soekarno, Presiden Soeharto, dan masa reformasi. Suhardiman kerap disebut sebagai dukun politik karena intuisinya sangat kuat dalam memprediksi peristiwa politik, terutama dalam konteks suksesi kepemimpinan.

Semasa hidup, dia turut mewarnai perjalanan politik Indonesia bersama dengan Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI), yang awalnya dia dirikan untuk membendung penyebaran faham komunisme oleh PKI.

Dalam perjalanannya, SOKSI menjadi salah satu ormas yang melahirkan Partai Golkar dan menjadi tempat pengkaderan para pemimpin bangsa. Komentar dan pendapat Suhardiman kerap diminta sejumlah media, terutama mengenai suksesi kepemimpinan di negeri ini, karena intuisi politiknya sangat kuat dalam memprediksi calon-calon pemimpin masa depan.

Pendiri Partai Golkar Suhardiman wafat

Jenazah Suhardiman Dilepas dengan Upacara Militer

Suhardiman merupakan pensiunan militer dan salah satu pendiri Golkar.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2015