Longsor di Lombok Barat, Empat Orang Tewas

Longsor di Nusa Tenggara Barat (NTB).
Sumber :
VIVA.co.id
1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan
- Tanah longsor merubuhkan lima bangunan rumah di Dusun Ladungan, Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat Nusa Tenggara Barat pada Sabtu dini hari tadi, 19 Desember 2015. 

Ratusan Rumah di Garut Kebanjiran
Kejadian diduga terjadi pada saat warga sedang tertidur lelap sekitar pukul 03.45 WITA, akibatnya empat orang penghuni dari salah satu rumah yang rubuh terseret tanah longsor, dikabarkan hilang terkubur bangunan dan tanah longsor. 

Menkeu Siapkan Rp500 Miliar untuk Tanggulangi Bencana
Tanah longsor terjadi akibat hujan besar yang mengguyur sejumlah daerah secara terus menerus selama sekitar 19 jam sejak Jumat sore kemarin.

Belakangan empat korban itupun ditemukan dengan kondisi tidak bernyawa. Proses evakuasi korban meninggal dilakukan oleh warga sekitar menggunakan alat seadanya di bantu oleh Kepolisian, TNI, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) NTB. 

Dua buah alat berat diterjunkan untuk mengeruk timbunan tanah yang menutupi seluruh bagian rumah yang ambruk. Mencari korban yang masih berada di dalamnya.

Empat korban tersebut di antaranya, Laela perempuan berumur 10 tahun, Inaq Dahmuni perempuan 41 tahun, Riswandi 19 tahun, dan Multazam laki-laki 45 tahun. Selain empat korban meninggal dunia tersebut, diketahui beberapa orang lainnya luka-luka dan sejumlah orang syok berat. 

Saat ini, korban selamat dibantu warga sekitar masih melakukan pencarian barang-barang berharga korban yang bisa diselamatkan dari timbunan longsor. Pemerintah Provinsi NTB turut prihatin dengan kejadian tersebut.
 
Pemerintah juga menghimbau masyarakat khususnya yang tinggal di daerah bantaran sungai, pesisir pantai ataupun yang dekat dengan gunung dan
bukit, agar lebih waspadai musim penghujan sekarang ini.

"Kepada seluruh masyarakat khususnya yang bermukim di sekitar bantaran sungai, pesisir pantai, sekitar daerah perbukitan, dan wilayah yang kerap kali di datangi banjir atau genangan, untuk tetap waspada karena dalam hari-hari ke depan wilayah NTB masih akan terus diguyur hujan," kata Kepala Biro Humas Pemprov NTB Yusron Hadi saat dihubungi.

Pemerintah Daerah bersama pihak terkait akan memberi bantuan kepada korban. Berupa kebutuhan hidup dan tenda penampungan jika diperlukan. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya