Arus Balik di Puncak Bogor Terjadi Sore Ini

Ilustrasi macet Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Tebing Longsor, Jalur Puncak Bogor Ditutup Total
- Puncak arus balik pada liburan Natal di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, dipastikan akan terjadi pada Minggu sore ini, 27 Desember 2015. Kemacetan, baik menuju arah Jakarta maupun ke arah Puncak akan terjadi.

Tak Ada Angkutan Massal Gratis Dinilai Picu Macet Tahun Baru

"Puncak arus balik diperkirakan terjadi Minggu sore ini. Akan banyak kendaraan yang turun, ada penambahan juga kendaraan dari jalur Cianjur dari Bandung," kata Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Bramastyo Priaji, Minggu, 27 Desember 2015.
Gelar Open House, Menteri Jonan Bernyanyi Diapit Biduan


Saat arus balik nanti, kendaraan tentu akan memenuhi jalur Puncak. Terutama kendaraan yang akan keluar menuju Jakarta. Karena itu, rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup akan tetap dilakukan.


Setelah pada pagi tadi kendaraan diprioritaskan naik ke arah Puncak, pada sore hari mulai pukul 15.00-18.00 WIB, semua kendaraan satu jalur ke arah bawah atau arah Jakarta atau Ciawi. Lalu lintas kendaraan yang akan menuju Puncak dialihkan.


Ditambahkan Bramastyo, meski arus balik akan selesai dalam satu hari ini, tapi kepadatan di kawasan Puncak masih akan terjadi karena masa liburan sekolah belum selesai.


"Beberapa kepadatan karena banyak Bus wisata yang mengantar anak sekolah berwisata ke Puncak," katanya.


Meski kemacetan akan terjadi, pengguna jalan diimbau untuk melalui jalur utama. Penggunaan jalan alternatif tidak disarankan karena pengguna jalan akan mendapati sejumlah hambatan, apalagi saat malam hari. Ini karena jalan alternatif yang berliku dan rawan kecelakaan. Kamacetan tetap akan terjadi dan rawan tersasar.


"Akan ada hambatan di jalan, jalan berliku rawan tersasar, tetap berada di jalur utama saja," katanya.


Masyarakat pengguna jalan di kawasan Puncak, akan lebih nyaman bila tetap berada di jalur utama karena petugas akan melakukan pengaturan.


"Karena kami akan melakukan pengaturan di jalur Puncak. Selama Operasi Lilin Lodaya 2015 belum ada kecelakaan yang terjadi di jalur puncak," katanya.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya