Ketua Komisi VI DPR: Menperin dan Mendag Memang Lemah

Saleh Husin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop
- Ketua Komisi VI DPR, Hafiz Tohir, menilai memang kinerja dua menteri Joko Widodo, yakni Menteri Perindustrian, Saleh Husin dan Menteri Perdagangan, Thomas Lembong, sangat lemah.

Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi
Sebab, sebagai mitra kerjanya di Komisi VI, pihaknya tahu persis kinerja kedua menteri tersebut.

Menperin Desak Calya-Sigra 100 Persen Indonesia
"Memang lemah sekali kementerian itu. Harus dievaluasi total," tegas Hafiz, saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa, 5 Januari 2016.

Banyak kelemahan mendasar selama satu tahun lebih yang dibuat Saleh Husin. Hafiz, yang juga politisi asal Partai Amanat Nasional ini menyebutkan tugas menteri terhadap industri kecil menengah yang tidak mampu ia kembangkan.

"Industri kecil banyak yang tutup. Road map industri tidak jelas. Sehingga mau dibawa ke mana Indonesia ke depan kita belum tahu," kata Hafiz.

Sementara, dari penilaian Hafiz terhadap kinerja Menteri Thomas Lembong, juga tidak jauh berbeda. 

"Perdagangan terjadi defisit neraca perdagangan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Impor sulit ditahan, ekspor melemah," katanya.

Dia menjelaskan, hal itu tidak mampu dikendalikan oleh Menteri Thomas. Akibat ini semua, lanjut dia, devisa yang dihasilkan negara juga menjadi turun.

"Kebijakan perdagangan belum sejalan dengan arah kebijakan nasional, sehingga banyak terjadi beda visi antara kementerian," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya