Burung Cenderawasih Milik Politikus PPP Ditangkap di Lampung

Burung langka Cendrawasih asal Papua
Sumber :
  • VIVA.co.id/www.lookup.co.id
VIVA.co.id
Sampel DNA Ikan Aneh di Minahasa Dikirim ke Eropa
- Kepolisian Resor Tulang Bawang Lampung mengamankan satu unit kendaraan yang berisi enam ekor burung langka cenderawasih yang diduga tanpa dokumen resmi, Kamis 7 Januari 2016.

Petugas Bongkar Praktik Penjualan Satwa Langka di Surabaya

Mobil jenis minibus asal Jakarta dengan tujuan Palembang Sumatera Selatan tersebut, tertangkap saat patroli rutin kepolisian setempat di jalan lintas Sumatera.
Bandar Satwa Dilindungi Diringkus Petugas


"Mau dikirim ke Palembang," ujar Suroto, sopir yang membawa burung langka tersebut, Jumat 8 Januari 2016. Suroto mengklaim, burung-burung ini milik seorang politikus Partai Persatuan Pembangunan berinisial DF.


Namun lantaran tak memiliki dokumen resmi, kendaraan dan enam burung langka asal tanah Papua itu pun akhirnya diamankan oleh kepolisian resor Tulang Bawang.


Burung Cenderawasih atau burung surga ini dilindungi negara karena terancam punah. Burung ini hanya ada di Indonesia Timur, tersebar di pulau-pulau Selat Torres, Papua Nugini hingga Australia Timur.


Burung ini dikenal dengan bulunya yang cantik dan mempesona. Karena itu, perburuan terhadap burung ini marak. Karena itu pemerintah pun menetapkan burung surga ini sebagai hewan yang harus dilindungi.


Herliyanto/Lampung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya