Aktivitas Meningkat, Hari Ini Gunung Bromo Meletus 62 Kali

Para turis menyaksikan Gunung Bromo.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id - Aktifitas vulkanik Gunung Bromo dilaporkan Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkat. Peningkatan aktifitas vulkanik Gunung Bromo ditunjukkan dengan meningkatnya aktifitas kegempaan pada gunung tersebut.

Gunung Bromo Semburkan Abu Setinggi Satu Kilometer

Dilansir dari situs Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada Kamis, 21 Januari 2016, catatan PVMBG menunjukkan, telah terjadi 62 letusan dari gunung yang kerap ramai dikunjungi wisatawan tersebut.

Berdasarkan data pengamatan PVMBG aktivitas Gunung Bromo, yang dilakukan hari ini pukul 00.00 hingga 06.00 WIB menunjukkan adanya 62 kali gempa letusan. Hingga kini, Gunung Bromo masih dalam status siaga atau level III.

Hasil pengamatan secara visual menunjukkan cuaca di sekitar Gunung Bromo cukup cerah, angin tenang, dengan suhu udara 11-13 derajat celsius. Gunung Bromo terlihat mengeluarkan asap putih hingga kelabu dengan kepekatan sedang hingga tebal.

Saat ini masih terdengar suara detuman dan gemuruh sedang dari kawah, serta terlihat sinar api sesekali samar-samar.

Status Turun, Kaldera Bromo Dibuka untuk Wisatawan

Sedangkan data pengamatan seismik terekam adanya gempa tremor dengan amplituda maksimum 2-17 milimeter (mm) (dominan 4 mm) dan satu kali gempa vulkanik dangkal dengan amplituda maksimum 27 mm dan lama gempa 10,73 detik.

Status aktivitas Gunung Bromo telah dinaikkan dari level II (Waspada) sejak 4 Desember 2015 lalu. Hal tesebut akibat adanya peningkatan tajam pada aktivitas Gunung Bromo, yakni terjadinya beberapa kali hujan abu vulkanik halus dan getaran tremor terus menerus dengan ampiltuda maksimum yang meningkat tajam.

Seismograf di pos pantau Gunung Api Bromo

Bromo Erupsi, Bandara Abdulrachman Saleh Ditutup

Empat penerbangan dialihkan ke Juanda.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2016