Urus Eks Gafatar, Kemsos Keluarkan Rp1,3 Miliar

Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono
VIVA.co.id
Polisi Segera Limpahkan Berkas Kasus Gafatar
- Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, sumber pendanaan untuk memulangkan eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dari Kalimantan ke sejumlah daerah, bersumber dari APBD Kalimantan Barat.

Kasus Gafatar, Polisi Sudah Periksa 50 Saksi
"Tugas Kemensos (Kementerian Sosial) memastikan logistik selama di penampungan aman, perlindungan kemanusiaan aman," kata Khofifah di Gedung Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu, 27 Januari 2016. 

4 Isu Penting di Apel Siaga Kodam Jaya
Ia menyebutkan, Kemensos juga menganggarkan dana sebesar Rp1,3 miliar untuk keperluan logistik eks Gafatar selama masa penampungan di Pontianak. Anggaran logistik ini dikeluarkan untuk makanan dan peralatan mandi.

"Rp 1,3 miliar sudah digunakan untuk logistik selama penampungan di Pontianak. Ada dua camp di Pontianak. Jadi ada Standar Operasional Prosedur, indeksnya per hari Rp 10 ribu per jiwa, maksimal 90 hari."

Sebelumnya, ribuan orang eks Gafatar di Kalimantan dievakuasi ke Bekangdam XII/Tanjungpura, Pontianak, untuk dipulangkan ke daerahnya masing-masing. Tindakan ini dilakukan pemerintah menyusul aksi pembakaran kampung eks Gafatar di Mempawah, Kalimantan Barat.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya