Dede Koswara 'Si Manusia Akar' Meninggal Dunia

Sumber :
  • VIVA.co.id/telegraph.co.uk

VIVA.co.id - Dede Koswara atau yang dikenal dengan 'Manusia Akar' meninggal dunia di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Sabtu, 30 Januari 2015. Dede meninggal dunia di usia 46 tahun

Bangladesh Juga Punya Manusia Akar

Menurut Tim Infeksi Khusus RSHS, Rudy Wisaksana, kondisi kesehatan Dede terus menurun sejak kembali dirawat pada Kamis, 28 Januari 2016. 

"Berdasarkan penuturan keluarga, Pak Dede tidur terus. Mereka kemudian membawa ke RSUD Cililin dan dirujuk ke RSHS," katanya kepada wartawan, Sabtu, 30 Januari 2016.
Kesulitan Dokter Bersihkan Akar di Tubuh Dede
 
Sejak menjalani perawatan, Rudy menambahkan kondisi Dede semakin menurun. Hingga akhirnya menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 03.30 WIB. 
Dede si 'Manusia Akar' juga Terkena Gangguan Pernafasan
 
Menurunnya kesehatan pria asal Kabupaten Bandung Barat tersebut disebabkan oleh gangguan multi organ. Rudy menjelaskan, sejak mendapatkan perawatan di RSHS pada 2007 silam, ginjal, paru-paru, dan hati Dede memang sudah bermasalah.
 
"Dan sejak kembali dirawat di sini pada September 2015 lalu, kondisi hatinya sudah semakin memburuk," jelas Rudy.
 
Sebelum meninggal, mendapatkan perawatan di RSHS untuk mengangkat kutil di tubuhnya. Dia juga sempat menjalani tiga kali operasi ringan pengangkatan kutil dan tanduk di kedua tangan dan kaki Dede.
 
Karena penanganan tangan kiri, kanan, dan kedua kakinya sudah selesai, dokter pun mengizinkannya pulang pada Desember 2015 lalu. Namun, setelah itu kondisi kesehatan Dede terus menurun hingga keluarga kembali membawanya ke rumah sakit dan akhirnya menghembuskan nafas terakhir.
 
Dede Koswara langsung dimakamkan sekira pukul 11.00 WIB di pemakaman umum di wilayah Cililin, Kabupaten Bandung Barat. (ren)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya