Kesulitan Dokter Bersihkan Akar di Tubuh Dede

Dede Koswara si Manusia Akar asal Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/telegraph.co.uk
VIVA.co.id
Bangladesh Juga Punya Manusia Akar
- Tim Medis Penanganan manusia akar menyatakan, kondisi kesehatan Dede Koswara (46 tahun) atau Dede “manusia akar” sudah membaik. Meskipun pasien asal Kabupaten Bandung Barat itu terindikasi mengidap beberapa penyakit lain.

Dede Koswara 'Si Manusia Akar' Meninggal Dunia

Menurut salah satu anggota tim medis, Rudy Wisaksana, ketika Dede kembali tercatat sebagai pasien Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) pada akhir September lalu, kondisinya tidak baik. Bahkan, lebih buruk ketimbang pertama kali Dede menjalani perawatan.
Dede si 'Manusia Akar' juga Terkena Gangguan Pernafasan


“Pasien mengidap beberapa gangguan penyakit di tubuhnya. Seperti ginjal, hati, dan juga paru-parunya,” katanya kepada
VIVA.co.id
saat ditemui di RSHS, Bandung.


Kondisi tersebut, kata Rudy yang juga ahli penyakit dalam, menjadi salah satu kendala dilakukannya operasi besar pengangkatan kutil. Sehingga, saat ini tim medis memilih untuk melakukan tindakan dengan cara mengangsur.


“Sekarang mah dicicil aja, sedikit-sedikit. Melihat kondisi kesehatan pasien, kasihan kalau langsung melakukan operasi besar. Takutnya ada masalah dengan obat dan lainnya,” ujarnya.


Operasi kecil untuk membersihkan tanduk-tanduk di tangan kanan Dede sudah dilakukan pada 27 November. Tim memilih mengangani tangan kanan, supaya Dede bisa kembali melakukan kegiatan dengan tangannya.


Sementara itu, ketua tim medis penanganan manusia akar, Oki Suarsa menambahkan, pembersihan kutil dan tanduk dari tubuh Dede Koswara sudah dilakukan sejak pria berusia 46 tahun itu kembali menjalani perawatan di RSHS. Sebagai langkah awal, lanjut Oki, pihaknya mengoleskan obat berupa cairan ke kulit Dede.


“Cairan itu berfungsi melunakkan kutil, sehingga lebih mudah dibersihkan. Sekarang, wajahnya pun sudah lebih bersih dan Dede sudah terlihat jauh lebih baik,” ujarnya.


Dari hasil penanganan tersebut, lanjut Oki, terkumpul kutil dan tanduk seberat empat kilogram dari kedua tangan dan kaki Dede. Rencananya, operasi kecil untuk membersihkan tanduk dari tangan kirinya akan dilakukan pada minggu ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya