Tangkal Zika, Jokowi Minta Pintu Masuk Indonesia Diperketat

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Foe Peace

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan, jajarannya memperketat deteksi di pintu-pintu masuk wilayah Indonesia pasca-kemunculan virus Zika.

Virus Zika Picu Mikrosefali di Berbagai Negara, Bagaimana Indonesia?

Jokowi juga meminta warga negara agar tak bepergian ke wilayah negara yang endemik virus tersebut. "Berikan peringatan pada yang ingin berkunjung ke negara yang sudah tersebar virus Zika dan pengawasan di pintu masuk. Siapkan respon cepat," kata Presiden Jokowi dalam rapat Kabinet Terbatas di kantornya, Jakarta, Rabu, 3 Februari 2016.

Langkah-langkah antisipasi kata Presiden harus disiapkan agar wabah itu tak sampai masuk ke Indonesia. Apalagi badan kesehatan PBB, WHO sudah menyatakan bahwa virus yang menyebabkan microcephalus ini berpotensi tersebar ke Asia bahkan seluruh dunia meskipun saat ini baru ditemukan di sejumlah kawasan di Amerika.

Ada Virus Baru Disebarkan Nyamuk, Gejalanya Mirip Zika

"Untuk mengantisipasi, saya minta langkahnya sinergi dan lintas sektor, lakukan segera deteksi untuk ketahui seawal mungkin penyebaran virus ini. Mudah-mudahan enggak ada," ujarnya menambahkan.

Presiden juga meminta agar warga negara Indonesia (WNI) memperoleh informasi yang relevan terkait virus Zika, pencegahan dan penanganannya sejak dini. "Lakukan terus edukasi pada masyarakat dalam mencegah virus ini."

Virus Zika Diklaim Mampu 'Membunuh' Kanker Otak

(mus)

Ilustrasi nyamuk.

750 Juta Nyamuk Buatan Siap Dilepas untuk Lawan DBD dan Virus Zika

Adakah dampak negatif terhadap manusia dan lingkungan?

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2020