Gubernur Protes Pernyataan Luhut Soal Pembangunan di Papua

Ilustrasi/Kehidupan masyarakat Papua
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, memperotes pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan, yang menyebut pembangunan daerah itu tak maksimal lantaran pejabatnya jarang berada di tempat.

Sejumlah Legislator Papua Masih Keberatan UU Otsus, Ini Sebabnya

"Siapa bilang bupati banyak habiskan waktu di luar Papua, itu sama sekali tidak benar. Bupati ada di Papua," kata Lukas menangkis pernyataan Luhut, Selasa 1 Maret 2016.

Luhut pada pekan lalu, memang sempat menyentil soal tidak optimalnya pembangunan infrastruktur di Papua. Padahal, menurut Luhut, pemerintah telah menggelontorkan dana yang cukup besar dalam bentuk dana otonomi khusus untuk Papua senilai Rp52,6 triliun sejak tahun 2002.

Puan Dorong Aturan Turunan UU Otsus Papua Sesuai Aspirasi Rakyat

Karena itu, Luhut beranggapan tidak optimalnya pembangunan di Papua, salah satu penyebabnya adalah karena kepala daerah di Papua kerap menghabiskan waktu di Jakarta.

Sebab itu, Lukas merasa tersinggung dan menantang Luhut untuk melihat langsung kondisi di wilayahnya. "Kalau tidak percaya, datang ke Papua lihat sendiri, semua bupati ada di tempat," kata Gubernur Papua tersebut. (one)

KPK Diminta Usut Dugaan Korupsi Dana Otsus dan PON Papua
Mahasiswa dan warga asal Papua demo soal otsus di Kemendagri

Tokoh Masyarakat Papua Minta Pengawasan Dana Otsus Diperketat

Pengawasan penggunaan dana otsus Papua harus diperketat, karena hingga kini penggunaannya juga tidak jelas. Benarkah demikian? Lalu siapa yang diuntungkan?

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2021