Ini Nama Tokoh Familiar Lolos Seleksi Hakim Agung

Komisi Yudisial umumkan 86 orang calon Hakim Agung lolos seleksi administrasi
Sumber :
  • Lilis Khalisotussurur

VIVA.co.id - Kabid Rekrutmen Hakim Komisi Yudisial (KY) Maradaman Harahap mengatakan ada sejumlah tokoh yang dikenal masyarakat dan lolos seleksi administrasi Calon Hakim Agung (CHA).

DPR Bahas Batas Usia Hakim Agung

"Ada wajah-wajah terkenal antara lain mantan komisioner KY Eman Suparman dan Ibrahim," kata Maradaman Harahap di Gedung KY, Jakarta, Rabu 16 Maret 2016.

Berdasarkan dokumen pengumuman hasil seleksi administrasi CHA, Eman dan Ibrahim lolos seleksi administrasi untuk kamar perdata. Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, Ridwan Mansyur, juga lolos seleksi untuk kamar perdata.

KY Terima Delapan Pendaftar Calon Hakim Agung

"Nama lainnya Wicipto Setiadi, mantan Dirjen Peraturan Pemerintah (PP)," kata Maradaman.

Adapun latar belakang CHA lainnya didominasi hakim tinggi pada pengadilan tinggi. Profesi lain CHA di antaranya akademisi atau dosen, ketua pengadilan tinggi, advokat dan panitera muda.

MA Masih Kekurangan Hakim Ad Hoc Tipikor

Sebelumnya, KY meloloskan 86 dari 95 pendaftar calon hakim agung. Mereka yang lolos ini dinyatakan telah memenuhi syarat administrasi.

Seleksi CHA ini dilakukan untuk pengisian kekosongan jabatan hakim agung sebanyak 8 orang di lingkungan Mahkamah Agung (MA) yang terdiri dari satu orang untuk Kamar Pidana, empat orang untuk Kamar Perdata, satu orang untuk Kamar Agama, satu orang untuk Kamar Militer dan satu orang untuk Kamar Tata Usaha Negara.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya