Luhut: Fenomena Ahok Jadi Contoh Pendidikan Politik

Menkopolhukam Luhut Pandjaitan
Sumber :
  • Moh Nadlir/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Dukungan masyarakat yang luar biasa membuat Gubenur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok percaya diri menyatakan akan maju Pilkada DKI 2017 mendatang melalui jalur Independen.

Ahok 'Terjepit' di Antara Pilihan Sulit

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa fenomena tersebut menjadi contoh pendidikan politik yang baik.

Alasannya, akibat keinginan Ahok itu, DPR mengusulkan agar syarat maju lewat jalur independen dinaikkan.

Ahok Belum Pilih Maju Via Parpol atau Dukungan KTP

"Ini satu fenomena baru, memberikan contoh kepada kita kenapa orang kok maunya ke si Ahok. Kan aneh, berarti orang melihat oh Ahok menolong saya, biasa banjir eh tidak jadi banjir," kata Luhut di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Jawa Barat, Jumat 18 Maret 2016.

Mantan kepala staf Kepresidenan itu menilai gaya kepemimpinan Ahok yang mampu mendapatkan tempat di hati masyarakat patut ditiru.

Parpol Pendukung Ahok Kaburkan Makna Calon Independen

"Jadi ke depan leadership itu begitu. Orang memilih tak peduli backgroundnya apa," ujar Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan itu.

Untuk itu Luhut berharap, agar masyarakat dapat memberikan suara dan dukungannya kepada calon pemimpin yang benar-benar dapat memberikan kesejahteraan.

"Cari orang yang bisa memberikan kesejahteraan. Kalau kebetulan satu suku ya syukur, kalau tidak ya ngapain," kata  Luhut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya