Proyeksi Pengamanan Polisi Jelang Libur Paskah di Sulut

Ilustrasi apel aparat gabungan menjelang Paskah
Sumber :
  • @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – Kapolda Sulut Brigjen Polisi Wilmar Marpaung mengatakan, Kepolisian siap mengamankan ibadah peringatan Jumat Agung dan Paskah.

Perayaan Paskah, Polres Kendal Kerahkan Anjing Pelacak Amankan Gereja

"Kemarin kami telah menggelar apel pasukan yang dipusatkan di Markas Polda Sulut. Apel itu untuk mengecek kesiapan para personel," kata Wilmar di Mapolda Sulut, Kamis 24 Maret 2016.

Dikatakannya, ada personel Polri yang akan ditempatkan di tiap gereja. Namun banyaknya personel akan disesuaikan dengan jumlah gereja di provinsi tersebut.

Perayaan Paskah di Gereja Katedral, Polisi Siapkan Skema Pengamanan

"Kan banyak kegiatan yang akan dilakukan tiap gereja. Untuk mensterilkan suasana, ada personel. Kami tetap pada protap, meski hanya di gereja tertentu karena keterbatasan personel dan alat," katanya.

Selain polisi, organisasi masyarakat (ormas) juga diharapkan berpartisipasi dalam pengamanan hari raya besar umat Kristiani ini. Kerukunan umat beragama di Sulut menurutnya tak perlu diragukan lagi.

Ratusan Personel Bersenjata Api Amankan Paskah di Solo

"Diharapkan partisipasi dari Ormas, baik dari Kristen maupun Muslim untuk membantu polisi dalam melakukan pengamanan. Terutama para pemuda," terang Kapolda.

Sebagai langkah pencegahan, pihaknya juga akan melakukan razia minuman keras dan senjata tajam jelang hari libur dan peringatan Hari Raya Paskah.

"Tentu setiap jelang pengamanan kami ada cipta kondisi. Kami operasi minuman keras (miras) dan pemeriksaan saja di perbatasan. Jangan miras di acara keagamaan," kata Wilmar lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya