Perayaan Paskah di Gereja Katedral, Polisi Siapkan Skema Pengamanan

Persiapan ibadah Paskah di Gereja Katedral Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Wilibrodus

VIVA – Umat Katolik menggelar perayaan Paskah tahun 2022 ini yang akan berlangsung selama satu pekan. Terdapat sejumlah skema pengamanan dari TNI dan Polri yang akan menjaga jalannya perayaan Pekan Suci Paskah ini agar berjalan dengan nyaman dan aman. 

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Khusus di Gereja Katedral Jakarta, Polsek Sawah Besar telah menyiapkan prosedur pengamanan Paskah. Pengamanan tersebut terkait menjaga situasi perayaan Paskah di dalam maupun di luar gereja.

Kapolsek Sawah Besar Komisaris Polisi Maulana Mukarom mengatakan, skema pengamanan di Gereja Katedral Jakarta hampir sama dengan perayaan Paskah tahun lalu. Selain menyiapkan personel dari Polsek Sawah Besar, ada pula bantuan personel dari Polres Metro Jakarta Pusat, Polda Metro Jaya, dan Sat Brimob Polda Metro Jaya.

Keluarga Datang ke Lokasi Brigadir RAT Tewas Bunuh Diri, Ada Apa?

Kapolsek Sawah Besar Komisaris Polisi Maulana Mukarom.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Wilibrodus

"Untuk jumlah personel juga kita terima dari BKO dari Polda Metro Jaya dan Sat Brimob Polda Metro Jaya. Kurang lebih ada sekitar 100 personel gabungan (TNI-Polri), disebar di titik-titik pintu masuk, terus juga ada yang melakukan pengaturan lalu lintas sehingga kegiatan (ibadah) berjalan dengan lancar," kata Maulana, saat dihubungi, Kamis, 14 April 2022.

Ratusan Polisi Kawal Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Lombok

Diketahui, perayaan Paskah bagi umat Katolik berlangsung selama satu pekan. Pekan tersebut disebut sebagai Pekan Suci Paskah, yang terhitung sejak Minggu, 10 April 2022, hingga Minggu, 17 April 2022.

Khusus Kamis hari ini, disebut hari raya Kamis Putih, yang juga merupakan serangkaian dari Pekan Suci Paskah ini. Pada Kamis Putih, umat Katolik merayakan secara bersama-sama kisah perjamuan terakhir Yesus Kristus bersama murid-muridNya.

Maulana menyebutkan, pihaknya akan mengamankan pekan suci tersebut. Selain menjaga keamanan beribadah, aparat juga akan mengamankan lalu lintas di sekitar Gereja Katedral Jakarta ini.

"Untuk lalu lintas tidak ada rekayasa, seperti biasa aja. Lebih dipertebal saja anggota yang mengatur lalu lintas," katanya.

Untuk menjaga kenyamanan lalu lintas bagi pengendara lain, aparat akan mengatur agar umat yang akan mengikuti ibadah Paskah di Gereja Katedral untuk tidak parkir di pinggir jalan.

"Kita tidak menyarankan untuk berhenti di depan karena sudah disiapkan kantong parkir. Untuk kantong parkir, ada di parkiran Santa Ursula, Kantor Pos, dan Masjid Istiqlal juga menyiapkan kantong parkir di basement," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya