Bandara Abdulrachman Saleh Malang Kembali Dibuka

Pesawat Hercules di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.
Sumber :
  • VIVA/Dyah Pitaloka

VIVA.co.id – Bandara Abdulrachman Saleh di Kabupaten Malang, Jawa Timur, pagi ini, Senin 11 April 2016, pukul 08:00 WIB kembali dibuka, setelah sempat ditutup sejak Minggu 10 April 2016 pukul 13:30 WIB. 

Panglima TNI Tiba di Bandara Abdulrachman Saleh

Penutupan bandara ini dilakukan sebagai dampak dari erupsi Gunung Bromo, yang berlangsung sejak 1 April 2016.

Kepala UPT Bandara Abdulrachman Saleh Malang, Suharno, mengatakan dibukanya bandara mengikuti surat Notice to Airmen (Notam) dari Lembaga Penyedia Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Airnav Indonesia. 

Abu Gunung Bromo Bikin 'Burung Besi' Tak Berani Mengudara

Surat itu menyatakan kondisi daerah di atas bandara sudah terhindar dari abu vulkanik Gunung Bromo, dan aman untuk dilintasi pesawat. 

"Bandara sudah dibuka pukul 08:00 WIB. Penerbangan pertama tujuan Jakarta sekitar pukul 08.45 WIB," kata Suharno Senin 11 April 2016.

Erupsi Reda, Bromo Dibuka Kembali untuk Wisata

Sebelumnya, bandara ditutup akibat arah angin meniupkan asap dan abu erupsi Gunung Bromo ke sekitar Malang, yaitu menuju arah barat dan barat daya. Pada erupsi sebelumnya, sejak Desember 2015 hingga Februari 2016, Bandara Abdulrachman Saleh juga sering mengalami buka tutup, lantaran terimbas abu vulkanik yang dinilai membahayakan penerbangan.

Setiap harinya rata-rata terdapat sembilan penerbangan yang berlangsung di bandara ini. Pada penutupan Minggu lalu, lima penerbangan pagi beroperasi normal dan empat penerbangan siang dialihkan ke Juanda. Akibatnya, sekitar 531 penumpang tujuan Jakarta harus dialihkan ke Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo itu dengan menggunakan bus.

CEO Arema FC, Ir R Agoes Soerjanto menyambut kedatangan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto di Bandara Abdulrachman Saleh, Minggu (3/3/2019) pagi. (Foto: Istimewa)

CEO Arema FC Sambut Kedatangan Panglima TNI di Bumi Arema

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto akan berkunjung ke bumi Arema.

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2019