Daffa, Koboi Cilik Pernah Tantang 40 Pemotor dengan Sepeda

Daffa Farros Oktoviarto, koboi cilik yang selalu melarang motor menaiki trotoar jalan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Warga Kota Semarang, Jawa Tengah dihebohkan dengan aksi bocah 10 tahun yang berani mengadang pemotor yang nekat menerabas jalur trotoar. Aksi yang ramai di media sosial facebook dan twitter itu dilakukan sang bocah di Jalan Sudirman, Kalibanteng, Semarang Jawa Tengah.

Apa Sebenarnya Arti Garis Kuning di Trotoar?

Adalah Daffa Farros Oktoviarto, bocah pemberani yang dijuluki koboi cilik trotoar jalan itu. Berbekal sepeda ontel, siswa yang tercatat masih duduk di kelas 4 SD Kalibanteng Kidul 01 Semarang Barat itu selalu menghalangi dan memaki para pemotor yang nekat melintas di jalur trotoar. Aksi itu dilakukan tiap hari mulai pukul 15.00-18.00 WIB.

"Paling banyak lawan 40 lebih pemotor yang nerobos (trotoar). Ada yang langsung balik arah, tapi ada juga yang nekat melintas. Lalu saya adang terus," kata Daffa di rumahnya RT 02 RW 03 Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Selasa, 19 April 2016.

Ahok Buat Trotoar Jakarta Ramah untuk Pemakai Hak Tinggi

Meski menghadapi orang-orang yang berusia lebih tua darinya, bocah kelahiran 20 Oktober 2006 ini tidak pernah sekali pun minder. Beberapa kali Daffa bahkan berdebat serta cekcok dengan pemotor di trotoar tiap kali menghalangi laju kendaraan.

"Kenapa takut. Saya kan benar. Trotoar itu tidak boleh untuk motor," ucap putra pasangan Dinar dan Yuri itu.

Kepada Ganjar, Daffa Janji Mau Setop Jaga Trotoar, Asal...

Tak hanya mengadang saja, untuk mengusir para pemotor nakal, koboi cilik ini juga memberikan peringatan dengan memukul-mukul bagian depan sepeda motor. Itu dilakukan agar pemotor seketika mundur dan lewat di jalur yang benar.

"Ada yang turun sampai sepeda saya di pindankan dan marah-marah. Terus saya ambil dan bikin palang lagi. Sampai saya pukul-pukul ban motornya. Dia akhirnya mundur pelan-pelan," ujar Daffa.

Bosan dengan aksi hanya dengan sepeda, Daffa pun sesekali memberikan peringatan keras melalui tulisan di kertas karton yang ditempel di sepedanya. Tulisan yang dibuat atas inisiatifnya itu berbunyi "Motor Dilarang Lewat Trotoar!!"

"Idenya karena saya lihat di televisi. Kalau larangan biasanya ditulis gede begitu," tutur bocah yang hobi nonton televisi itu.

Keberanian si bocah koboi menghadang pemotor nakal itu pun kini ramai di media sosial. Hal itu berawal saat aksinya berhadapan dengan pemotor diabadikan seorang warga melalui ponsel dan diunggah di facebook.

Dalam akun Ronald Kusuma itu, tampak jelas Daffa yang memakai kaos garis-garis dan celana pendek tengah menghadang pemotor dengan sepeda. Daffa bahkan terlihat beradu mulut dengan pemotor tersebut sambil mengadangkan sepedanya di tengah trotoar. Di media sosial, momen bocah koboi itu pun mendapatkan banyak komentar dari netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya