Bagaimana Kabar Tawan 'Iron Man' Asal Bali Kini?

Begini Cerita Tawan Iron Man dari Bali Kini
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id - Masih ingat I Wayan Sumardana alias Tawan Iron Man dari Bali? Lelaki itu sempat menghebohkan publik nasional berkat temuan tangan robotiknya.

Lima Fakta Tak Terungkap dari Trilogi Iron Man

Setelah lama tak ada kabar, Tawan kini muncul kembali. Pria asal Banjar Dinas Taman, Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, itu kini sibuk membuat kaki palsu untuk penyandang disabilitas.

Tawan menjelaskan, kaki palsu yang dibuatnya masih bersifat manual, tidak seperti tangan robotik ciptaannya yang telah menggunakan alat sensor otak. Menurutnya, jika kaki palsu itu harus menggunakan alat robotik, membutuhkan waktu lama menciptakannya. Tingkat kerumitan yang bakal ditemukan cukup tinggi.

Mencicip Rasa Unik Ramen Captain America dan Iron Man

“Harus pakai izin juga kalau mau buat kaki palsu pakai alat robotik. Saya, sih, mau saja, tapi nanti malah jadi masalah,” kata Tawan kepada wartawan di Karangasem pada Selasa, 19 April 2016.

Kaki palsu yang diciptakan Tawan berukuran 50 centimeter dan pada bagian paha berukuran 20 centimeter. Ukuran itu sudah disesuaikan dengan berat badan si penerima. "Kalau berat badan orang besar kaki palsu yang dibuat pula harus disesuaikan," ujarnya.

Robert Downey Jr Isyaratkan Adanya Film Terakhir Iron Man

Hal itulah yang membuat Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatrim, bersama Wakilnya, I Wayan Artha Dipa, beserta jajaran mendatangi si tangan robot. Bantuan sebesar Rp5 juta rupiah pun digelontorkan.

Bupati Mas Sumatri mengatakan, bantuan itu adalah bentuk perhatian pemerintah kepada warganya yang kreatif dan mempunyai tekad kuat untuk membantu sesama. Dana yang diberikan bersumber dari biaya operasional Bupati yang tidak seberapa bila dibandingkan tekad Tawan yang berkeinginan mulia untuk membantu warga di Karangasem yang memerlukan kaki palsu atau kursi roda.
 
“Semoga santunan ini dapat bermanfaat bagi Tawan. Meski tidak seberapa, yang pasti Pemkab Karangasem akan selalu memperhatikan dan membantu warganya yang memiliki inovasi dan pemikiran kreatif untuk berkreasi menciptakan sesuatu yang berguna bagi sesama,” ujarnya.

Apalagi, katanya, karya Tawan yang menciptakan tangan robotik untuk membantu menggerakkan tangannya yang mengalami kelumpuhan telah menyedot perhatian publik nasional dan internasional. Ia berharap Tawan terus bekerja untuk membantu sesama di Karangasem. (VIDEO: Kisah Manusia Bertangan Robot di Bali)

”Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengapresiasi serta berterima kasih atas inovasi dan kreativitas Tawan yang telah bekerja keras selama dua minggu terakhir ini untuk menciptakan kaki palsu yang disumbangkan kepada penyandang disabilitas lainnya di Karangasem,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya