Arus Balik Mulai Terlihat di GT Cikarang Utama

GT Cikarang Utama 3
Sumber :
  • Twitter.com/TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – Ruas Tol Jakarta-Cikampek yang mengarah ke Jakarta sudah mulai mengalami peningkatan kendaraan, Sabtu sore 7 Mei 2016. Berdasarkan informasi yang diterima dari pihak PT Jasa Marga, untuk mengatasi kepadatan antrean kendaraan, disediakan 21 gardu di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama arah Jakarta.

Akses Tol Ke Arah Bandung Kembali Dibuka

Juru bicara Jasa Marga Cabang Tol Jakarta-Cikampek, Iwan Abrianto, mengungkapkan, dari data yang diterimanya, pada perhitungan shift 1 (pukul 06.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB), tercatat ada 29.018 kendaraan yang melintas di GT Cikarang Utama.

"Jumlah itu mengalami peningkatan sekitar  9,5 persen dibanding lalu lintas pada hari biasanya, yang hanya sekitar 26.500 kendaraan," kata Iwan.

Selama PSBB Transisi, Jumlah Kendaraan di DKI Jakarta Kembali Normal

Akibat dari mulai adanya peningkatan volume kendaraan itu, diakui Iwan, sudah mulai terjadi antrean di setiap gardunya, yakni sekitar 15 kendaraan. "Untuk mengurai antrean, gardu GTO (Gerbang Tol Otomatis) kita buat untuk pembayaran tunai," jelasnya.

Upaya lain yang disiapkan untuk mengurai antrean adalah menyediakan petugas Jemput Kendaraan (JKR), sebanyak lima orang setiap shift

VIDEO: Macet Panjang di Tol Jakarta-Cikampek Terdampak Banjir

"Mereka kita tugaskan untuk membantu di GT Cikarang Utama, untuk mengurai kepadatan," ungkapnya.

Sementara itu, untuk lalu lintas arah sebaliknya, yakni yang menuju ke Cikampek, Iwan menjelaskan, kondisi arus kendaraan yang melintas terpantau lancar.

"Jumlah kendaraan yang melintas ke arah Cikampek, dari data shift 1, hanya 25.898 kendaraan. Jumlah itu berada di bawah angka normal, yang setiap harinya melintas 34 ribu kendaraan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya