Politikus PDIP Minta Jokowi Usung Budi Gunawan Jadi Kapolri

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan Wakapolri Komjen Budi Gunawan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id – Anggota Komisi III DPR RI, Junimart Girsang meminta, Presiden Joko Widodo segera mengajukan nama calon Kapolri baru. Politisi PDIP ini juga tidak sungkan menyebut nama Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai kandidat Kapolri pengganti Jenderal Badrodin Haiti.

Meriahnya Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan Bersama BIN

Diketahui, Badrodin Haiti pada Juli mendatang memasuki usia pensiun. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002, masa pensiun maksimum bagi anggota Kepolisian adalah 58 tahun.

"Kalau tentang Pak Budi Gunawan, kita berharap Pak Jokowi segera mengajukan nama tersebut kepada DPR untuk dimintai persetujuan menjadi Kapolri," kata Junimart di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu, 1 April 2016.

Kepala BIN Lepas Jakarta BIN dan STIN BIN Untuk Proliga 2024, Megawati Ungkap Harapan

Junimart menjelaskan, pengajuan nama tersebut sesuai dengan mekanisme ketatanegaraan yang diatur dalam undang-undang. Setelah Presiden mengajukan nama, baru DPR dalam hal ini Komisi III melakukan pembahasan nama yang diajukan."Jadi sekarang kita menunggu saja," ucapnya.

Junimart menambahkan, munculnya kembali nama Budi Gunawan sebagai kandidat calon Kapolri tidak akan membuat kegaduhan. Di mana sebelumnya, Budi Gunawan sudah pernah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri.

Kepala BIN: Kita Sangat Optimis, Tim Voli BIN Bisa Jadi Juara Proliga 2024

"Apa sih kegaduhannya, saya mau tahu. Kan sudah clear. Secara hukum sudah beres. Kalau disebut secara politik, sudah selesai. Kegaduhan, kegaduhan yang mana?" ujarnya bertanya.

Selain itu, Junimart meminta semua pihak yang meragukan Budi Gunawan diharuskan melihat dari banyak sisi. "Cobalah kita lihatlah yang positif-positif saja. Saya heran kok dibilang ada kegaduhan. Saya harapkan tidak muncul provokator-provokator baru di negara ini," ujarnya.

Baginya, Budi Gunawan sebagai sosok yang mumpuni untuk menjadi Kapolri pengganti, Badrodin Haiti.

“Saya jamin Pak Budi Gunawan akan memimpin Polri secara baik, benar, dan jujur.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya