Bea Cukai Perketat Pemeriksaan Barang di Pelabuhan Belawan

penumpang KM Kelud
Sumber :

VIVA.co.id – Menjelang bulan suci Ramadan, petugas bea dan cukai melakukan operasi pengecekan barang penumpang kapal KM Kelud, yang tiba di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, Minggu 5 Juni 2016. 

Cegat Kapal Penyelundup, Aparat Bea Cukai Diserang Molotov

Berdasarkan laporan tvOne, petugas bea cukai dibantu aparat petugas dari TNI Angkatan Laut dan polisi militer angkatan laut, serta dua ekor anjing pelacak melakukan operasi pengecekan barang-barang penumpang KM Kelud yang tiba dari Pelabuhan Sekupang Batam. 

Hasil dari operasi pengecekan barang-barang penumpang Kapal KM Kelud tersebut, aparat petugas bea dan cukai menemukan barang bawaan pedagang yang tanpa menyertakan dokumen yang sah. Diantaranya, rokok asal luar negeri tanpa adanya cukai, pakaian bekas, dan puluhan karton berisikan keramik luar negeri. 

Ubur-ubur dari Manado Dikirim Ilegal ke Amerika

Kepala Seksi Penyidikan dan Penindakan Bea Cukai Belawan, Supeno Jujuk, mengatakan dilakukannya operasi pengecekan ini guna mengantisipasi atas masuknya barang tanpa dokumen sah yang dibawa pedagang melalui kapal penumpang KM Kelud. 

Dikatakannya, menjelang Ramadan dan Lebaran mendatang setiap kapal penumpang KM Kelud tiba di Pelabuhan Belawan, aparat bea cukai akan terus melakukan operasi ini agar tidak ada barang ilegal lolos melalui Pelabuhan Belawan.

Fish Maw Banyak Diekspor Ilegal, Harga Tembus Rp60 Juta/Kg

(ren)

Wilayah pertambangan terbuka Freeport di Timika, Papua.

Berapa Setoran Ekspor Freeport dan Newmont?

Keduannya masih penyumbang penerimaan bea keluar terbesar.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2016