Mobil Pelat Jakarta Mulai Serbu Kota Yogyakarta

Pekerja menyelesaikan proses pengecatan Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja di Yogyakarta, Kamis (30/6/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

VIVA.co.id – Memasuki H-4 Lebaran, pemudik mulai memasuki wilayah Yogyakarta terutama yang menggunakan jalur selatan. Hal itu terlihat dari semakin banyaknya mobil pelat Jakarta yang melewati jalan Wates, Yogyakarta, Sabtu, 2 Juli 2016.

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Dari pantauan di lapangan, meski kendaraan pribadi roda empat belum mendominasi jalan namun sudah banyak mobil berpelat DKI Jakarta, Banten, Jabar dan Jateng yang memasuki jalur Ring Road Barat, Gamping, Yogyakarta.

Arus kendaaran sempat tersendat memasuki pertigaan Ring Road Barat Gamping akibat adanya pasar tumpah dan juga antrian traffic light di pertigaan Ring Road Barat Gamping.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

"Dari pagi hingga menjelang siang sudah mulai banyak mobil pribadi atau bus AKAP yang masuk ke Ring Road Barat Gamping," kata Andi, salah satu juru parkir tak jauh dari pertigaan Ring Road Barat Gamping, Sabtu 2 Juli 2016.

Berbeda dengan tahun sebelum jika arus mudik Lebaran tahun 2015 masih banyak ditemui pemudik yang menggunakan sepeda motor namun untuk arus mudik Lebaran tahun ini jarang ditemukan.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

"Jikapun ada pemudik hanya berboncengan berdua tanpa membawa anak dan barang yang banyak. Bahkan lebih banyak pemudik menggunakan sepeda motor sendiri," katanya.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Bantul Yogyakarta Suwito, memasuki H-4 Lebaran sudah terlihat kenaikan arus mudik Lebaran khususnya yang melewati jalur utama selatan Yogyakarta yaitu jalan Jogja-Wates. "Dibandingkan H-5 kemarin ada peningkatan sekitar 5 persen," ujar dia.

Namun untuk jalur alternatif yang telah disiapkan dari jalan Toyan- Jalan Srandakan dan Jalan Bantul serta pertigaan Sedayu, jalan Pajangan dan menuju jalan Bantul masih terlihat sepi.

"Kemungkinan prediksi kita puncak arus mudik akan berlangsung pada Minggu atau Senin lusa," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya