Sarana Transportasi Mudik Tahun Ini Diklaim Lebih Baik

Puncak Arus Mudik di Stasiun Senen
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Kepala Pusat Komando Posko Lebaran, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Nelson Barus menyatakan, secara terkoordinasi terus memantau jalur transportasi darat, laut, dan udara yang merupakan jalur pemudik menuju kampung halaman.

H-2 Lebaran, 600 Ribu Lebih Kendaraan Tinggalkan Ibu Kota

"Sesuai arahan Presiden Jokowi dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, kami terus mengoordinasikan semua jalur transportasi yang ada agar masyarakat bisa terbantu. Jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dengan waktu yang sama yaitu H-3 sebelum Lebaran, untuk tahun ini kondisi jalan dan transportasi semakin membaik," kata Nelson Barus di Gedung Kemenhub kepada VIVA.co.id, Minggu, 3 Juli 2016.

Nelson menjelaskan bahwa Kemenhub setiap tahunnya bekerja sama dengan 30 instansi terkait untuk memonitor jalur transportasi darat termasuk jalan tol, antara lain dengan Jasa Marga, Korps Lalu Lintas (Korlantas), PT KAI, dan instansi terkait lainnya.

Hingga H-4 Lebaran, Pemudik Kereta Api Turun 11 Persen

"Kami juga memonitor angkutan laut yaitu sebanyak 52 pelabuhan di seluruh Indonesia dan jalur darat di 14 provinsi. Beberapa penekanan terkait arus mudik khususnya di lintas udara dan selatan terus kami cek serta dilaporkan ke pihak terkait untuk meminimalisasi kendala dan pengambilan langkah cepat," ujar Nelson.

Dia juga mengatakan, Posko Lebaran Kemenhub yang setiap tahun disiapkan tak lain untuk memantau kondisi jalan dan transportasi pemudik secara intensif. Posko tersebut pada tahun ini dimulai sejak 24 Juni hingga 17 Juli mendatang. Posko tersebut akan menjadi pusat informasi, sehingga potensi gangguan transportasi bisa dideteksi dan diantisipasi. 

Menhub Prediksi H-3 Puncak Arus Mudik Gelombang Kedua
Kendaraan melintas di tol Brebes Timur-Pemalang, Tegal, Jawa Tengah

Arus Mudik, Pemerintah Berencana Terapkan One Way di Tol Trans Jawa

Dimulai dari ruas tol Cikampek KM 29 hingga ruas tol Brebes KM 262.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2019