Brebes Padat, Kendaraan Dialihkan Keluar Tol Sumber Jaya

Kepadatan kendaraan di gerbang Tol Brebes Timur akibat volume kendaraan pemudik di musim libur Lebaran lalu.
Sumber :
  • Dedy Priatmojo

VIVA.co.id – Kepolisian mengalihkan kendaraan di Tol Cikopo-Palimanan untuk keluar di Gerbang Tol Sumber Jaya, satu gerbang sebelum Gerbang Tol Palimanan. Upaya ini untuk mengurangi beban lalu lintas di gerbang keluar Tol Brebes Timur. 

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

Tindakan ini diharapkan bisa mengurangi laju kedatangan kendaraan menuju Brebes, sehingga dapat mengurai penumpukan kendaraan di wilayah tersebut.

"Pengalihan arus tersebut bukan dipicu oleh kepadatan di Tol Cipali, tetapi merupakan bagian dari rekayasa lalu lintas secara keseluruhan oleh pihak kepolisian, khususnya menghadapi kepadatan di daerah Brebes," ujar Hudaya Arryanto, wakil direktur utama PT Lintas Marga Sedaya dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Senin, 4 Juli 2016.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

PT Lintas Marga Sedaya selaku operator Tol Cikopo-Palimanan, mencatat kendaraan yang melintas di Tol Cipali dari Jakarta ke Cirebon dan keluar di Gerbang Tol Palimanan pada Minggu, 3 Juli 2016 pukul 06.00 WIB hingga Senin, 4 Juli 2016 pukul 06.00 WIB, sebanyak 53.010 kendaraan. 

Angka ini turun sekitar 13 persen dibandingkan dengan volume di hari sebelumnya yang tercatat 60.800 kendaraan.

Posko Angkutan Lebaran 2016 Resmi Ditutup

"Pada pagi hingga tengah hari arus kendaraan sempat meningkat dibandingkan hari sebelumnya. Namun cenderung menurun pada sore hingga malam hari," tuturnya.

Menurut Hudaya, penurunan arus kendaraan di H-3 disebabkan faktor tren penurunan jumlah kendaraan secara alami sejak Minggu siang, dan adanya pengalihan arus lalu lintas yang dilakukan kepolisian sejak dua hari lalu.

"Sejak Minggu siang kemarin, kepolisian juga mulai menerapkan sistem buka-tutup di Cikampek. Kendaraan yang semula mengarah ke Tol Cipali sebagian dialihkan ke jalur Pantura Jomin dan jalur tengah Sadang-Subang," kata Hudaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya