16 SPBU Bakal Diserbu Pemudik, Pertamina Siapkan Skenario

Antrean ratusan pemudik motor mengisi BBM di SPBU.
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Mobil tangki BBM yang bisa langsung mengisi ke mobil para pemudik milik Pertamina, nantinya akan ada di pintu masuk Pejagan, Pintu Tol KM 130 Cipali, KM 70-50 Cikampek, dan di Gerbang Tol Brebes Timur.

Pertamina Jamin Stok BBM saat Lebaran 2024 Cukup, Tak Perlu Panic Buying

Mobil tersebut juga bisa dipindahkan lokasinya, sehingga bisa membantu mengisi mobil-mobil pemudik yang terjebak macet di dalam tol.

Namun, apabila mobil tangki itu juga tidak bisa masuk ke dalam tol lantaran terjebak macet, maka Pertamina juga telah mempersiapkan cara lain.

Pertamina: Stok BBM Aman, Arus Mudik Tertangani Dengan Baik

"Pikap juga bisa. Kita tambahkan mobil pikap untuk Pertamax kemasan," ucap Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Wianda Pusponegoro, di gedung National Traffic Management Centre (NTMC) Polri, Jakarta Selatan, Kamis 7 Juli 2016.

Apabila mobil dirasa kurang maksimal menjangkau mereka yang butuh BBM, maka Pertamina akan menyiapkan sepeda motor.

Kata Komisi Energi DPR Usai Pertamina Sukses Jaga Stok BBM

"Bisa juga pakai motor, motor angkut Pertamax dan Pertamax Plus kemasan. Pertamina akan bantu maksimal agar bisa dapat BBM," kata dia.

Kedua cara tersebut, lanjutnya, sebenarnya telah diterapkan pada arus mudik kemarin. Pertamina menyiapkan enam mobil pikap, yang masing-masing membawa 1.500 liter bahan bakar jenis Pertamax dalam kemasan.

Kemudian, disiapkan enam motor yang masing-masing motor membawa 40 liter Pertamax dan Pertamax plus kemasan.

Setelah melakukan pemetaan, Wianda mengatakan, ada sebanyak 16 SPBU yang rawan diserbu para pemudik saat arus balik nanti.

"Lebih rinci mapping titik-titik, ada 16 SPBU. Ada lima di Brebes, lainnya di sekitar Brebes menuju ke Tegal. Tegal paling rawan kemarin. Meski ada rest area dan BBM kemasan, namun di lapangan kan berbeda sekali," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya