Persiapan Eksekusi Mati Sudah Final

Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Pol. Martinus Sitompul.
Sumber :
  • Syaefullah/ VIVA.co.id

VIVA.co.id - Prosesi eksekusi mati jilid III terhadap terpidana mati kasus narkoba, kian dekat. Saat ini, semua persiapan sudah final, sehingga tinggal menanti pelaksanaan eksekusi dilakukan di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Johan Budi Harusnya Tanggapi Laporan Haris Azhar
"Kelengkapannya memang harus ada rohaniwan kemudian dokter forensik, ada hakim, ada jaksa dan ada regu tembak, pengawal dan ini sudah siap semua," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Pol. Martinus Sitompul di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis, 28 Juli 2016.
 
Dua Tahun Haris Azhar Simpan Rahasia Freddy Budiman
Selain itu, 14 peti jenazah dan ambulans juga sudah berada di Nusakambangan. Kemudian lokasi pemakaman juga sudah tersedia. Walaupun sampai saat ini, Kejaksaan Agung selaku eksekutor hukuman, belum menyebutkan waktu pelaksanaan eksekusi, satu hal yang pasti, eksekusi rencananya akan dilakukan malam hari.
 
Terpidana Mati Kontrol Bisnis Narkotik dari Rutan Medaeng
"Umumnya memang malam hari, dipilih karena tenang, ada penerangan digunakan lampu," kata Martinus.
 
Meski kesiapan dinyatakan selesai, jumlah terpidana mati yang akan dieksekusi, termasuk identitas mereka belum diumumkan ke publik. Dari penelusuran, beberapa terpidana mati yang rencananya akan dieksekusi adalah Freddy Budiman, Zulfiqar Ali, Merry Utami, Michael Titus Igweh, dan Gurdip Singh.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya