Hari Ini, Tiga Polda Resmi Berstatus Tipe A

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id – Tiga Kepolisian Daerah (Polda) tipe A baru telah diresmikan Senin, 22 Agustus 2016. Tiga Polda tersebut yaitu Polda Sulawesi Barat (Sulbar), Kalimantan Barat (Kalbar) dan Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala BNPT Komjen Boy Rafly Datangi 2 Pesantren di Pasuruan

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Inspektur Jenderal Polisi Boy Rafli Amar mengatakan, tiga Polda dinaikkan menjadi tipe A karena merupakan daerah perbatasan Indonesia. "Jadi wilayah perbatasan harus dilakukan penguatan dari sisi organisasi dan sarana dan prasarana," kata Boy di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 22 Agustus 2016.

Boy menuturkan, Kalimantan Barat bertetangga dengan negara Malaysia, sedangkan Sulawesi Utara berdekatan dengan Filipina. Kelompok militan Abu Sayyaf diketahui berbasis di Filipina. "Itu salah satu jalur penyelundupan senjata api dari kelompok di wilayah Filipina. Mereka memasukkan senjata dari Filipina Selatan ke jalur Kalimantan Timur, ada juga ke Sulawesi Utara," ujarnya.

PSS Sleman Angkat Komjen Boy Rafli Amar Jadi Ketua Dewan Pembina

Hari ini, kenaikan tipe Polda Sulawesi Barat dari tipe B menjadi tipe A telah diresmikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Untuk Polda Kalimantan Barat diresmikan oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komisaris Jenderal Polisi Dwi Priyatno. Sementara Polda Sulawesi Utara diresmikan oleh Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan.

Selain itu, Mabes Polri telah mengusulkan tiga Polda lainnya naik kelas dari tipe B ke Polda tipe A, yaitu Polda Lampung, Polda Kepulauan Riau, dan Polda Riau ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi. "Jadi nanti ada persetujuan secara resmi, nanti akan ada pengukuhan status Polda," katanya.

Komjen Boy: Banyak Teroris Ingin BNPT Bubar

Boy berharap dengan naiknya status Polda itu dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di sana dan dapat memperkuat organisasi di wilayah tersebut.

Seperti diketahui, polda tipe A adalah polda yang memiliki wilayah hukum cukup luas dengan cakupan pengamanan Polri yang kompleks, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, dan lainnya. Kapolda tipe A berpangkat paling rendah inspektur jenderal polisi (bintang dua), sedangkan kapolda tipe B berpangkat brigadir jenderal polisi (bintang satu).

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya