Tim Independen Polri Bakal Bertemu Pengacara Freddy Budiman

Freddy Budiman semasa hidup saat di Lapas Nusakambangan
Sumber :
  • tvOne/ Robbi Sofwan Amin

VIVA.co.id – Tim Pencari Fakta (TPF) dari Tim Independen Polri akan bertemu dengan pengacara gembong narkoba Freddy Budiman terkait pledoi atau pembelaan Freddy pada tahun 2012 lalu. Pledoi tersebut sempat disebut-sebut dalam testimoni Freddy kepada Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Haris Azhar.

Tak Ada Aliran Dana Rp90 Miliar dari Freddy Budiman

"Kami sudah datangi kediaman pengacara, belum ada. Tapi ada komitmen dalam waktu dekat akan bertemu dengan Tim Divisi Hukum Mabes Polri," kata Ketua TPF Polri, Komjen Polisi Dwi Priyatno di Kantor Kompolnas, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Agustus 2016.

Dwi menuturkan bahwa timnya telah mempelajari pledoi Freddy Budiman. Namun menurut dia, tak ada kaitannya dengan pengakuan Freddy yang disebutkan Haris Azhar.

Alasan Polri Tak Sebut Nama di Testimoni Freddy Budiman

"Kan enggak ada kaitannya, semua normatif saja pledoinya. Yang membuat (pledoi) pengacaranya," ujarnya.

Tim Polri kata dia masih terus melakukan koordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) terkait pernyataan Freddy Budiman yang turut dieksekusi mati dalam eksekusi gelombang ketiga gembong narkoba itu.

TGPF Pelajari 3 Nama Aparat yang Disebut Freddy Budiman

"Prinsipnya kalau udah ada fakta-fakta kami cek testimoni itu, apa betul. Kan sampai sekarang belum ada fakta misalnya terjadi aliran dana ke pejabat Mabes Polri tertentu. Kan enggak ada," ujarnya.

Terpidana mati Freddy Budiman saat akan diterbangkan ke Nusakambangan.

Kejagung Bikin Tim Khusus, Usut Jaksa di Sindikat Freddy

Tim TPF Polri temukan adanya dugaan oknum jaksa

img_title
VIVA.co.id
17 September 2016