Rekayasa Lalu Lintas Libur Panjang Idul Adha

Kendaraan melintas di sekitar pintu keluar Tol Brebes Timur, Jawa Tengah. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

VIVA.co.id – Menjelang libur panjang Hari Raya Idul Adha, Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) memperkirakan terjadi arus mudik ke sejumlah wilayah di Pulau Jawa. Untuk itu, telah disiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas agar kepadatan arus kendaraan tak separah saat mudik Lebaran lalu.

Libur panjang Idul Adha, Objek Wisata Cikao Park Diserbu Pengunjung

"Kendaraan dari Semarang semua masuk ke Brebes Timur. Kendaraan yang keluar ke Brebes Barat tidak bayar tol. Tapi yang arah ke Jakarta tetap bayar," ujar Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto di Ancol, Jakarta, Senin, 5 September 2016.

Selain itu, rekayasa arus lalu lintas akan dilakukan sejak tol dalam kota di wilayah Jakarta. Jika arus lalu lintas di tol Cikampek dan Brebes mulai padat, Gerbang Tol Cikarang Utama akan dilakukan buka tutup sebagian.

Puncak Mudik Idul Adha Diprediksi Kamis Sore, Ini Antisipasi Polisi

"Kalau tidak begitu, nanti kepadatannya memanjang makanya kami tutup sebagian agar arus dari Cikarang Utama sedikit berkurang," ujar Agung.

Rencananya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kakorlantas dijadwalkan akan memantau kondisi di tol Brebes, pada Kamis atau Jumat, 8-9 September. Hal itu mengingat arus kendaraan menuju tol Brebes mulai ramai pada hari tersebut.

Jelang Libur Panjang, Polda Metro Siapkan Skema Lalu Lintas

Seperti diketahui, libur akhir pekan kali ini akan menjadi libur panjang. Sebab, tak hanya libur selama dua hari pada Sabtu dan Minggu, 10-11 September tapi menjadi tiga hari libur. Itu lantaran Hari Raya Idul Adha jatuh pada Senin, 12 September.

Dewa 19 terpilih sebagai ambassador pariwisata Tiga Gili di Lombok

Dewa 19 Ambassador Pariwisata Lombok, Aparat Bersenjata Dampingi Remaja Bakar Sekolah

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Minggu, 2 Juli 2023.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2023