Cari Korban Banjir Bandang Garut, Basarnas Telusuri 3 Lokasi

Rumah-rumah rusak akibat diterjang banjir bandang di Garut pada Selasa malam, 20 September 2016.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA.co.id – Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Jawa Barat kembali melakukan pencarian korban ke tiga lokasi banjir bandang di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Belasan Rumah dan Fasilitas Publik di Wajo Rusak Berat dampak Banjir Bandang, Menurut BNPB

Koordinator Humas dan Protokoler Basarnas Provinsi Jawa Barat Joshua Banjarnahor menjelaskan, tiga lokasi pencarian ini merupakan titik ditemukannya banyak korban. "Kami pencarian lagi ke tiga titik, yaitu lapangan Paris, Cimacan dan sungai Cimanuk hingga kecamatan Wado," kata Joshua, Kamis, 22 September 2016.

Hingga pagi ini, Joshua mengatakan, jumlah korban meninggal maupun hilang, masih tetap.  "Kalau korban masih sama dengan semalam,18 orang hilang dan 23 korban meninggal," ujarnya.

BPBD Luwu Sebut 7 Orang Tewas, 2 Hilang, dan Ribuan Rumah Terdampak Banjir

Sebelumnya, tim gabungan telah diturunkan ke lokasi bencana. Mereka di antaranya sejumlah 200 personel dari Polres Garut, Brimob 17 personel, BPBD 20 personel, Satpol PP satu pleton, TNI dan Denpom 60 personel.

"Hingga saat ini seluruh tim gabungan terus melakukan proses pencarian dan evakuasi di sepanjang bantaran sungai Cimanuk," ujar Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus.

Brigadir Ridhal Ali Diduga Setor ke Kapolres, Madinah Diterjang Banjir Bandang

Bencana banjir bandang Garut terjadi pada Rabu dini hari, 21 September 2016. Banjir ditengarai akibat meningkatnya intensitas hujan sejak Jumat, 16 September 2016. Sejak itu, air dari aliran sungai Cibera meluap dan merendam ratusan rumah warga.

Penampakan Banjir Bandang di Brasil (Doc: The Sundaily)

Banjir Bandang di Brasil, Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Atap Rumah dan Apartemen

Tim penyelamat menjelajahi gedung-gedung di Porto Alegre, Brasil untuk mencari penghuni yang terjebak di apartemen atau di atap rumah ketika banjir bandang di Kota.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024