Ketua Satgas Pungli: 300 Polisi Telah Diproses

Wiranto memimpin konpers Saber Pungli di Kantor Presiden
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) telah resmi dibentuk dengan diketuai oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komisaris Jenderal Dwi Prayitno. Penunjukkan Dwi sebagai ketua sempat diragukan, lantaran persoalan pungli juga terjadi di lingkungan Kepolisian.

Cerita Ganjar Bikin Aplikasi Lapor Gub Gegara Aduan Pungli

Namun Dwi menjawab keraguan itu. Dia menyebut sejauh ini juga sudah ratusan aparat kepolisian yang diproses karena diduga melakukan pungli.

"Lagipula sampai sekarang kita sudah ada 300 orang yang diproses. Tinggal kita lihat saja fakta yuridisnya nanti. Intinya kami serius," jelas Dwi, di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Jumat 21 Oktober 2016.

Mahfud MD Klaim Prakti Pungli di Indonesia Sudah Sangat Berkurang

Dwi mengatakan, belum bisa memastikan siapa saja yang akan mengisi tim ini. Namun ia akan berusaha, agar tim ini tetap bersih.

Penegakan hukum, kata mantan Kapolda Metro Jaya ini, akan menjadi titik berat kerja tim. "Tapi yang kegiatan pencegahan juga kita laksanakan. Makanya dengan instansi terkait termasuk di bidang pengawasannya juga," lanjut Dwi.

Viral 2 Anggota PJR Polda Metro Pungli di Jagorawi, Ini Kata Dirlantas

Dari jajaran kepolisian, anggota-anggota yang akan diambil bisa dari Direktorat Tindak Pidana Umum. Sementara untuk pencegahan dan sosialisasi, bisa dari Humas Mabes Polri.

"Kita pilih. Kita punya polisi yang punya bacgground penyidikan. Itu lebih bagus," kata dia.

Tangkapan layar (screenshot) video yang memperlihatkan siswa SMA Negeri 8 Mataram, Nusa Tenggara Barat, dipungut uang parkir di sekolah itu.

Pungut Uang Parkir ke Siswa, Kepala Sekolah di Mataram Didemo

SMAN 8 Mataram, NTB, diduga melakukan pungutan liar terhadap para siswa berupa membebankan tarif parkir masuk sekolah berjumlah Rp2 ribu hingga Rp5 ribu.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2022