Irman Gusman Hadapi Sidang Perdana di Pengadilan Tipikor

Mantan Ketua DPD RI, Irman Gusman, ditangkap KPK.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Irman Gusman dijadwalkan menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jl. Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 8 November 2016. 

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Irman sedianya akan mendengarkan dakwaan dari Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi, atas dugaan menerima suap terkait pengaturan kuota distribusi gula impor di Sumatera Barat.

"Sidang perdana Irman rencananya digelar hari ini," kata Humas Pengadilan Tipikor Jakarta, Yohanes Priana.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Yohanes mengatakan, sidang Irman akan dipimpin Ketua Majelis Hakim Nawawi Pamulango, dengan dibantu empat hakim anggota. 

Sidang digelar setelah Hakim tunggal pada praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, I Wayan Karya, memutuskan untuk menolak permohonan praperadilan Irman. Hal itu karena berkas perkara telah dilimpahkan KPK ke Pengadilan Tipikor Jakarta.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

Tidak hanya Irman, Pengadilan Tipikor Jakarta juga akan menggelar sidang perdana dua bos CV Semesta Berjaya yang disangka menyuap Irman, yaitu Xaveriandy Sutanto dan istrinya Memi. Kedua tersangka penyuap ini juga akan mendengarkan surat dakwaan Penuntut Umum pada KPK.

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024