Gempa Juga Dirasakan di Sejumlah Wilayah Aceh

Masjid Ulee Glee di Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, Aceh roboh akibat gempa.
Sumber :
  • Twitter @Sutopo_BNPB

VIVA.co.id – Gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter yang melanda Pidie Jaya, Nangroe Aceh Darusalam, Rabu 7 Desember 2016, sekitar pukul 05.04 WIB, juga dirasakan sejumlah wilayah di Nangroe Aceh Darussalam.

Lempeng Anatolia, Penyebab Gempa Turki yang Menewaskan Ribuan Orang

Kepala Kantor SAR Aceh, Suyatno mengatakan gempa tersebut juga cukup besar dirasakan di wilayah Banda Aceh, Aceh Besar dan Bireun.

Menurut dia, dampak gempa tersebut cukup menggetarkan sejumlah bangunan, namun hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi apakah ada korban jiwa di luar Pidie Jaya.

Muhammadiyah Siap Kirim Tim Medis Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

"Gempa ini cukup dirasakan di Banda Aceh, Aceh Besar dan Bireun," kata Suyatno dalam wawancara dengan tvOne, Rabu 7 Desember 2016.

Dia mengungkapkan, selain gempa utama sebesar 6,4 Skala Richter, terdapat juga dua kali gempa susulan yang magtitutenya cukup besar. Atas hal tersebut diperkirakan membuat sejumlah ruko di Pidie Jaya banyak yang runtuh.

Hari Bakti Transmigrasi, Kemendes Gelar Istighotsah dan Aksi Sosial untuk Gempa Cianjur

Suyatno mengungkapkan, gempa sangat dirasakan disejumlah Kecamatan di Pidie Jaya yaitu Kecamatan Ulee Glee dan Kecamatan Merdu. Di wilayah tersebut berdasarkan laporan sejumlah ruko runtuh dan sejumlah kubah masjid rubuh.

Adapun dari korban jiwa, dia mengungkapkan, banyak dilarikan dari Kabupaten Pidie Jaya ke Kabupaten Pidie. Lokasi tersebut jaraknya mencapai dua jam perjalanan.

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.

BMKG Catat 45 Kali Gempa Susulan usai Gempa Magnitudo 6,4 di Yogyakarta

Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta mencatat 45 kali gempa susulan usai gempa bumi dengan magnitudo 6,4 mengguncang Samudera Hindia selatan, DI Yogyakarta.

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2023