Warga Sumbar Kirim Satu Ton Rendang untuk Korban Gempa Aceh

Korban gempa antre berobat di posko kesehatan di Pidie Jaya, Aceh.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zulkarnaini Muchtar

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengirimkan satu ton rendang daging ke Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam, untuk korban bencana gempa darat di Kabupaten Pidie Jaya.

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Menurut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, panganan khas Minang itu dipilih untuk diberikan ke korban gempa, karena Pemprov Sumbar menilai, sudah banyak masyarakat Indonesia dan dunia yang mengirimkan bahan makanan lain seperti mi instan.

Selain itu, rendang sengaja dipilih sebagai bantuan, mengingat makanan tersebut sangat efisien dan tahan lama untuk para pengungsi, dan lebih bergizi dibanding makanan cepat saji atau kemasan seperti mi bungkus.

Hari Bakti Transmigrasi, Kemendes Gelar Istighotsah dan Aksi Sosial untuk Gempa Cianjur

"Sumatera Barat, tidak memberikan makanan cepat saji seperti mi instan, melainkan mengirimkan rendang siap saji yang sudah dikemas berjumlah satu ton," kata Irwan Prayitno, Sabtu, 10 Desember 2016.

Selain rendang, Pemprov Sumbar juga mengirimkan bantuan berupa peralatan rumah tangga dan dua unit tangki air dari PMI. Seluruh bantuan sudah dikirimkan sejak kemarin petang.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Seperti diketahui, saat ini masih banyak korban gempa darat di Pidie Jaya, yang terpaksa tinggal di pengungsian. Selama masa tanggap darurat ini, korban sangat membutuhkan bantuan terutama makanan dan air bersih.

Gedung runtuh akibat gempa M 7,8 yang mengguncang Turki

Muhammadiyah Siap Kirim Tim Medis Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

Bencana gempa berkekuatan 7,8 yang menguncang Turki dan Suriah jadi perhatian dunia internasional. Ribuan orang meninggal imbas gempa Turki-Rusia.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023