Pemerintah Kucurkan Rp1 T untuk Perbaiki Sekolah di Aceh

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat fokus mengalokasikan bantuan untuk pembangunan fasilitas umum atas kerusakan yang terjadi di Provinsi Aceh, akibat gempa berkekuatan 6,4 skala richter pada 7 Desember 2016.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, fasilitas umum yang menjadi fokus kementeriannya untuk segera diperbaiki adalah sekolah, masjid, selain jalan dan jembatan.  

Ia mengatakan, untuk perbaikan sekolah sendiri, pihaknya menggelontorkan anggaran sekitar sebesar Rp1 triliun.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

"Sekolah sekitar Rp1 triliunan, karena kurang lebih ada 200 sekolah. Padahal, setiap sekolah itu ada minimal 15-20 lokal itu yang segera dibangun yang diperintahkan. Untuk angka pastinya, ini yang lagi dihitung," kata Basuki, saat ditemui di Kementerian PUPR Jakarta pada Jumat 16 Desember 2016.

Kemudian, ia mengatakan, untuk perbaikan sekolah Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan permanen selesai satu tahun. 

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Fasilitas umum lainnya adalah masjid, di mana ia menyebutkan, ada sekitar 68 masjid yang rusak akibat gempa yang melanda Aceh. Ditargetkan selesai perbaikan total sebelum Ramadan 2018. "Kalau jalan sudah mulai dikerjakan, jembatan yang amblas sudah diperbaiki," katanya. 

Sementara itu, untuk kerusakan yang terjadi pada rumah-rumah warga, pihaknya hanya akan memberikan dana stimulan sebesar Rp40 juta untuk kerusakan berat dan Rp20 juta untuk kerusakan ringan. (asp)

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023