Pesawat Hercules Jatuh Saat Pelatihan Penerbangan Co-pilot

Wakil Kepala Staff Angkatan Udara, Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Sebuah pesawat Hercules C130 dengan nomor registrasi A-1334 jatuh di wilayah Wamena, Distrik Jayawijaya, Papua, Minggu pagi 18 Desember 2016. Jatuhnya pesawat tersebut mengakibatkan seluruh kru berjumlah 12 orang dan satu penumpang dinas tewas.

Enam Penumpang Diperkirakan Tewas Setelah Pesawat Rusia Jatuh

Pesawat tersebut jatuh saat persiapan mendarat di bandara Wamena, Minggu pagi, saat terbang latihan.

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja mengatakan, pesawat saat itu sedang dalam misi pelatihan penerbangan co-pilot, Kapten Pnb J Hontian F Saragih dan Lettu Pnb Hanggo Fitradhi untuk menjadi kapten pilot.

Keluarga Cerita Kiprah Kapten Mirza yang Pernah Ikut Operasi Militer

"Seperti yang telah kita ketahui bersama, telah terjadi kecelakaan pesawat TNI C130 H No.Reg A1334 di sekitar bandara Wamena di Papua. Saat ini sedang dalam misi latihan peningkatan kemampuan penerbang yang tadinya co-pilot jadi captain pilot," ujarnya di Base Ops Halim Perdana Kusuma, Minggu 18 Desember 2016.

Penerbangan latihan tersebut merupakan salah satu rangkaian latihan bagi co-pilot sebelum naik kelas menjadi kapten pilot. Latihan tersebut ditujukan agar co-pilot dapat disiapkan untuk menerbangkan pesawat di lokasi mana pun, termasuk Papua.

Keluarga Ikhlaskan Kepergian Kapten Mirza Pilot Rimbun Air

"Misi di Papua adalah salah satu tes latihan yang nantinya menunjukkan penerbang mampu menerbangkan pesawat di mana pun," ujar Hadiyan.

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api setelah sebuah jet tempur jatuh di Tabriz, Iran, 21 Februari 2022.

Pesawat Tempur Militer Iran Menimpa Sekolah, Tewaskan 3 Orang

Sebuah pesawat tempur F5 buatan AS yang digunakan militer Iran jatuh dan menimpa tembok sekolah di kota Tabriz, barat laut Iran.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022