Kapolri Pastikan Natal Aman, Tapi Tetap Siaga

Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian mengakui pihaknya telah memberlakukan status siaga satu untuk sejumlah daerah terkait dengan pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 di Indonesia.

Momen Ganjar Tengok Perayaan Natal di Asrama Mahasiswa Papua

"Memang ada yang berstatus siaga satu, tapi itu tidak berlaku untuk semua daerah," kata Tito Karnavian di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Sabtu malam, 24 Desember 2016.

Ia menambahkan, pemberlakuan status siaga satu di sejumlah daerah tergantung pada tingkat kerawanan di daerah masing-masing.

Pesan Natal Paus Fransiskus: Dialog untuk Sembuhkan Dunia

Menurutnya, salah satu pertimbangan satu daerah ditetapkan sebagai siaga satu dapat dilihat dari latar belakang daerah tersebut. Apabila daerah itu rawan konflik, kemungkinan aparat kepolisian menetapkan status siaga satu. "Jadi kami berlakukan fleksibel," ujarnya.

Ia menegaskan, salah satu daerah yang telah ditetapkan siaga satu adalah daerah Jawa Tengah. Pasalnya, Jawa Tengah adalah salah satu daerah yang cukup rawan konflik.

Begini Cara Wali Kota Malang Deteksi Kerumunan Agar Tak Kena Covid

"Pertimbangannya itu karena kita tahu, kemarin ada beberapa kelompok terduga teroris yang berasal dari situ juga," katanya.

Kendati demikian, orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu menegaskan, bahwa dirinya sudah memantau secara langsung perayaan malam Natal di sejumlah gereja di Jakarta. Tidak hanya itu, ia juga mengaku sudah memantau sejumlah daerah melalui Kepolisian Daerah yang saat ini tengah melakukan pengamanan di seluruh Indonesia.

"Sampai saat ini semua aman. Saya persilakan bagi saudara-saudara kristiani untuk memperingati perayaan Natal bersama-sama," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya