Pesawat Susi Air Tergelincir di Papua

Pesawat milik Susi Air/Ilustrasi.
Sumber :
  • Veros Afif/Sumenep

VIVA.co.id – Sebuah Pesawat Kargo tergelincir dan keluar landasan di bandara Aminggaru Illaga, Papua. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara membenarkan adanya insiden pesawat keluar landasan pacu di bandara tersebut.

Pesawat Kargo Militer Rusia Jatuh, Nasib 15 Orang Belum Diketahui

Pesawat itu adalah pesawat Susi Air, milik Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti.

"Betul, pagi tadi sekitar pukul 07.36 WIT. Pesawat tipe Pilatus Porter PC-06, dengan nomor registrasi PK-BVM tersebut dioperasikan oleh maskapai Susi Air," ujar Kepala Bagian Kerja sama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Agoew Soebagio

Terpopuler: Pilot-Copilot Batik Air Ketiduran, Smart Air Hilang, dan Awal Ramadhan Berbeda

Ia mengatakan, pesawat dipiloti Captain James Davis tersebut berangkat dari Timika menuju Ilaga, dengan mengangkut kargo tanpa penumpang. Namun, dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. “Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Pilot dalam keadaan selamat,” ujar Agoes.

Berikut data Kronologis kejadian tergelincir dan overshootnya pesawat kargo susi air tersebut:

Polri Kerahkan Personel Cari Pesawat Kargo Smart Air Hilang Kontak di Kaltara

22.21 UTCm atau 07.21 WIT : kontak pertama pesawat dengan Illaga, dengan jarak 2NM dari Illaga PZ, Illaga menginformasikan bahwa kondisi cuaca angin calm (kecepatan 0-5NM), jarak pandang 3-4 Km, kabut di sekitar baseleg runway 25.

22.33 UTC, atau 07.33 WIT: PK BVM melaporkan posisi di left downwind runway 25.

22.35 UTC, atau 07.35 WIT : PK- BVM melaporkan posisi di final RWY 25.

22.36 UTC, atau 07.36 WIT : PK BVM mendarat secara normal sebelum aiming point, setelah melewati aiming point pesawat pesawat melintir ke arah kanan runway 25, sayap sebelah kanan membentur sisi runway dan kemudian diikuti sayap sebelah kiri, dan baling baling bergesekan dengan runway.

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya